Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Footnote Di MS Word 2010 Dengan Cepat

Contents [Show]

Cara Membuat Footnote Makalah MS Word 2010 -  Footnote adalah catatan kaki yang berada dibawah halaman, yang mana fungsinya adalah untuk menulis keterangan dari suatu sumber, contohnya ketika kita membuat suatu makalah maka harus ada catatan kaki atau footnote yang menerangkan sumber makalah tersebut ( jika mengutip sumber lain ) dengan demikian suatu makalah akan dinyatakan valid.

Cara menambahkan footnote di ms word 2010 sebenarnya sama saja dengan ms word 2007, 2013 atau 2016 namun terkadang yang kurang banyak di fahami adalah tentang cara penulisan, beserta istilah - istilah footnote yang sering kita temukan.

Membuat footnote untuk makalah bagi teman - teman pelajar atau mahasiswa tentu bukan hal asing lagi karena setiap pembuatan makalah dan ketika mengambil refrensi dari buku atau internet maka harus dibuat catatan kaki yang yang kita sebut juga sebagai footnote.

Dalam penulisan sebuah catatan kaki bisanya terdapat beberapa singkatan tertentu yang dicantumkan agar lebih mempersingkat tulisan, beberapa singkatan yang bisanya di pakai pada penulisan footnote seperti pada gambar dibawah ini
  • Ibid, merupakan kependekan dari ibidem. kependekan ini digunkan untuk menunjukan sumber yang sama dengan sumber sebelumnya.
  • op.cit., merupakan kependekan dari opere citato, kependekan ini sama fungsinya seperti ibid. namun kutipan sebelumnya telah diselangi oleh kutipan yang berbeda.
  • loc.cit.,merupakan kependekan dari loco citato. kependekan ini ditulis apabila kita menunjuk kehalaman yang sama dari sebuah sumber yang telah disebut sebelumnya

Cara Penulisan Footnote

  • BUKU
Ketika kita mengambil sumber dari buku maka yang harus kita tulis pada footnote yang pertama mencantumkan nama pengarang buku, judul buku, nomor seri, jilid dan cetakan ( jika tersedia ) kota penerbit, nama penerbit, dan tahun terbitan.
  • Artikel, Majalah Atau Surat Kabar
Apabila sumeber nya dari artikel, majalah atau surat kabar maka yang harus ditulis pada footnote adalah nama pengarang, judul artikel, nama majalah, nomor majalah ( jika ada ), tanggal penerbitan dan nomor halaman.
  • INTERNET
Apabila sumber artikel nya bersal dari sebuah internet maka cara penulisan footnot nya harus mencantumkan nama penulis, judul dokumen, nama website, alamat website, serta tanggal dokumen tersebut di unduh.

Cara Membuat Footnote Untuk Makalah

Bagi temen-temen yang kurang faham cara membuat catatan kaki, silahkan baca cara mudahnya dibawah ini.
1. Buka MS Word pada komputer temen-temen
2. Arahkan cursor tepat dibelakang teks  atau kalimat yang akan diberi footonte


3.  Kemudian pada menu bar klik Refrences > AB Insert Footnote


Maka secara otomatis akan langsung ada tempat  footnote dibawah lembar kerja MS Word kita
tinggal kita ketikan isi keterangan di catatan kaki tersebut.

Contoh footnote

Dibawah ini contoh penulisan footnote yang bersumber dari internet, untuk yang bersumber dari buku atau lainya kamu bisa baca panduan cara penulisan footnote yang sudah dijelaskan diatas


1Yazhayuadevi 2010. Hak Waris Bagi Orang Yang Hilang. http://yazhayuadevi.blogspot.com. Diakses pada tanggal 06 Desember 2018
2Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri, Ringkasan Fiqih Islam, Indonesia: Terj Islamhouse.com.2009.hal. 27.
3Zakiah Daradjat, Usman Said, Husni Rahiem, Murni Jamal, Suaibu Thalib. Ilmu Fiqih. (Jakarta Departemen Agama, 1986). Hal.166.

Cara Cepat Menambahkan Footnote

1. Letakan cursor tepat diakhir teks yang akan dikasih footnote
2. Tekan tombol Ctrl + Alt + Shift secara bersamaan, maka secara otomatis akan ditambahkan catatan kaki dibawa halaman word

Untuk berikutnya silahkan ulangi cara yang sama, dan isi dengan keterangan disetiap catatan kaki yang kamu tambahkan.

Baca juga : Cara Mengatur Poisi Footnote Di MS Word

Ok mungkin cukup sekian tutorial cara membuat footnote di ms word semoga bisa bermanfaat, jika ada tambahan atau sanggahan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Footnote Di MS Word 2010 Dengan Cepat"