Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Warna tulisan CMD Dan Backgound CMD

Contents [Show]

Cara mengubah warna font pada CMD sebanarnya bukanlah hal yang sulit untuk di peraktekan kita hanya perlu memasukan kode warna pada cmd maka secara otomatis teks cmd akan berubah warna sesuai kode yang kita masukan. Selain mengganti warna tulisan cmd kita juga bisa mengubah warna background dari CMD tersebut.

Command Prompt ( CMD ) adalah software atau system perangkat lunak yang di sediakan oleh system oprasi windows, baik windows 7, windows 8 maupun windows 10, syintaks nya berbasis DOS, fungsi CMD secara umum untuk mempermudah pengguna dalam berintraksi dengan komputer baik komputer dalam ke adaan online maupun ofline, beberapa fungsi sederhana cmd yang sering di gunakan misalnya untuk melihat kecepatan suatu jaringan internet, melihat aplikasi yang sedang berjalan pada komputer dan mendetekasi virus yang dapat membahayakan komputer.

Secara default tampilan cmd sangat monoton dimana background berwarna hitam dan font berwarna putih, bagi temen - temen yang mungkin sering mengoprasikan cmd akan sedikit bosan dengan tampilan cmd yang default tersebut, namun sebenarnya ada cara meng custom atau mengubah warna font dan backgound CMD dengan waran yang kita inginkan. 

Contoh nya sperti pada gambar di bawah ini, saya mengganti warna tulisan cmd dengan warna hijau, temen - temen bisa mencoba warna lain yang di suka.




Berikut cara mengganti warna tulisan cmd dan mengganti warna background cmd

#1. Buka CMD, cara tekan tombol > Windows + R, kemudian ketikan  CMD, atau bisa juga klik > Star, lalu ketikan > CMD, kemudian tekan > Enter, lihat gambar dibawah ini.


#2. Kemudian untuk merubah warna font nya ketikan > color a, untuk warna hijau, lihat gambar di bawah ini.


#3. Tekan > Enter pada keyboard, maka secara otomatis tulisan cmd akan berubah menjadi warna hijau.

Untuk kode warna lainya, bisa di lihat pada gambar di bawah ini.


Penulisan angka sama saja dengan cara penulisan huruf, misal nya > color 0, color 1, dan seterusnya. 

Lalu bagaimana cara mengubah background CMD, simak caranya di bawah ini

#1. Klik kanan pada > bar CMD, kemudian pilih > Properties, lihta gambar di bawah ini.


#2. Akan muncul tab color, silahkan temen - temen pilih warna background cmd yang di sukai, selain mengganti warana backgdround kita juga bisa mengatur ukuran font dan layout.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Warna tulisan CMD Dan Backgound CMD"