Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Mukodimah Dalam Bahasa Arab Dan Artinya Kultum Ramadhan

Contents [Show]
Kultum Ramadhan Contoh Kumpulan Mukodimah Bulan Puasa Dalam Bahasa Arab Dan Artinya – Assalamualikum wr.wb sahabat – sahabat ku seiman dan seperjuangan alhamdullah atas ridhoNya kita masih di pertemukan dengan bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh magfiroh ( ampunan ) yakni bulan suci ramadhan di tahun 2019 ini.

Dibulan Ramadhan ini segala bentuk amal ibadah akan di lipat gandakan, semua dosa akan di hapuskan, oleh karena itu marilah kita berlomba – lomba dalam kebaikan, beruasaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan beruasaha untuk saling mengingatkan sesama muslim, sebelumnya kami juga pernah merangkum kumpulan kata mutiara bulan suci ramadhan, temen – temen bisa membacanya pada link di bawah ini.

Baca Juga > Kumpulan Kata Mutiara Bulan Suci Ramadhan

Didalam bulan suci ramadhan ini marilah kita saling mengingatkan sesama untuk berbuat kebaikan, caranya bisa lewat khutbah – khutbah, kultum atau ceramah singkat, namun seperti biasanya khutbah, atau kultum di awali dengan mukodimah singkat sebelum masuk ke tema pembahasan.

Di bawah ini mukodimah terbaru dalam bahsa arab yang biasanya digunakan, baik dalam ceramah – ceramah singkat atau kltum di bulan suci ramadhan, kultum dalam bahsa arab dan artinya ini bisa kita gunakan ketika kita akan menyampikan kultum di bulan ramadhan dan hari – hari biasa.

Kumpulan Mukodimah Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

#1. Contoh Mukodimah Kultum ( Kuliah Tujuh Menit ) Yang Pertama Pada Bulan Ramadhan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛

Artinya " Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul dalam rangka thalabulilmi, mencari ilmu. Serta kita bisa bersilaturahim, bertatap muka di majlis yang mulia ini dalam kadaan aman fi amanillah, sehat wal afiat. Mudah-mudaham setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan llah Swt.Taklupa semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada jungjunan kita Nabi Muhammad Saw., kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman yang menjadikan sebagai uswatun hasanah, suri tauladan yang baik "

#2. Contoh Mukodimah Ceramah Singkat Yang Kedua

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛

Artinya " Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat "

#4. Contoh Mukadimah Yang Ke Empat

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Artinya " Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya "


Mungkin hanya itu pembahasan tentang mukodimah ceramah singkat dalam bahasa Arab dan artinya, mukodimah - mukodimah tersbut bisa juga digunakan sebagai mukodimah kultum di bulan suci ramadhan, semoga bermanfaat, dan semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Contoh Mukodimah Dalam Bahasa Arab Dan Artinya Kultum Ramadhan"