Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Mixer Sound Yang Baik Dan Benar Untuk Suara Yang Jernih

Contents [Show]
Cara Mengatur Mixer Sound Yang Baik Dan Benar Agar Suara Yang Dihasilkan Jernih – Audio mixer adalah alat yang digunakan untuk mencampur suara, sebuah mixing console baik itu analog maupun digital atau kita bisa juga menyebutnya dengan soundboard  atau mixing desk ( papan suara ).

Audio mixer ini sangat banyak sekali digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya saja pada dapur studio rekaman, dunia penyiaran baik itu radio mapun televisi ada banyak sekali merek mixer yang dapat kita temukan dipasaran oleh karena nya cara setting mixer pun akan berbeda – beda namun yang terpenting adalah kita mengetahui fungsi dan komponen yang ada pada mixer.

Mixing console dapat menerima berbagai sumber suara. Suara bisa berasal dari microphone, alat musik, CD player, dan lainya. Dari sini dengan mudah dapat dilakukan pengaturan level masukan dan keluaran mulai dari yang sangat lembut sampai keras.

Namun merek mixer yang sering kita temukan adalah mixer Yamaha dan itupun beragaram versinya ada mixer Yamaha mgp16x, mixer Yamaha mg 166cx, mixer Yamaha mgp24x dan mixer Yamaha mgp12x, namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada dasaranya cara mengatur mixer yang baik dan benar tidaklah jauh berbeda hanya saja mungkin terdapat perbedaan pada tempat dan papan suara yang berbeda.

Cara setting audio mixer dapat kita lakukan tatkala kita mengetahui setiap tombol dan fungsinya masih – masing oleh karena nya disni kita akan mencoba menjelaskan tombol – tombol pada mixer yang digunakan untuk setting suara yang biasa digunakan.

Berikut Cara Setting Mixer Sound Yang Baik Dan Benar Untuk Hasil Suara Yang Maxsimal

Part#1. Input Channel Jack


Bagian ini adalah untuk memasukan colokan microphone untuk posisi biasanya berada dibagian paling depan pada mixing desk.
Input channel jack ini ada dua tipe yang pertama jack XLR Famale dan jack phone TRS, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai input microhpne.

Part#2. Tombol Low Cut Switch


Tombol yang satu ini digunakan untuk memotong atau memangkas vocal atau suara bernada rendah, yang mana fungsi dari tombol ini sendiri adalah untuk meminimalisir atau menghilangkan suara hembusan angin maupun angin yang keluar dari suara si vokalis sendiri. Temen – temen bisa menghidupkan atau mematikan tombol ini silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Part#3. Tombol Gain Sensitive


Fungsi dari tombol ini adalah untuk menambah kepekaan input scoure, semakin besar db gain maka akan semakin besar suara yang dihasilkan namun db gain yang berlebihan akan membuat suara menjadi pecah dan kurang jelas dikarenakan banyak nya noise, silahkan diatur ukuran gain temen – temen hanya cukup memutar kekanan untuk memperbesar db nya dan kekiri untuk menguranginya.

Part#4. Tombol EQ High, Tombol EQ Middle, Tombol Middle Freq, Tombol EQ Low

Untuk settingan tombol – tombol ini silahkan temen – temen atur sendiri hal ini dikarenakan setiap vocal orang pasti berbeda – beda, ini bisa kita atur dengan cara langsung menyetel suara vokalis, atur volume agar suara yang dihasilkan masih tetap seperti aslinya.
Part#5. Tombol Channel Level Control

Tombol ini berfungsi untuk menontrol level volume pada channel, kita bisa mengatur level suara yang keluar pada mixing desk, untuk mengatur volume suara kita hanya perlu menggeser tombol ini keatas untuk memperbesar suara dan kebawah untuk memperkecil suara, silahkan diatur sesuai kebutuhan.

Part#6. Tombol Main Master Level Control

Tombol yang satu ini fungsinya untuk mengontrol dan mengatur volume secara keseluruhan, posisi tombol ini berada disebelah kanan dan kiri pada mixing desk, atur ketinggian volume jangan terlalu besar dan terlalu kecil, silahkan temen – temen dengarkan suara dari jarak yang agak jauh untuk memastikan suara yang dikeluarkan benar – benar jernih.


Tags: setting audio mixer, cara mengatur mixer sound,

Image source and reference> mastimon com

Posting Komentar untuk "Cara Setting Mixer Sound Yang Baik Dan Benar Untuk Suara Yang Jernih"