Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Ampuh Mengatasi Hasil Print Bergaris merek canon

Contents [Show]

3 Cara Ampuh Mengatasi Hasil Print Bergaris merek canon – Printer adalah salah satu hardware yang hamper tidak bisa dipisahkan dari computer bagaimana tidak semua file yang tersimpan dikomputer dapat dibuat hard file jika sudah di cetak melalui printer.

Merek printer sendiri bervariasi dengan kualitas dan harga yang berbeda tentu nya, ada printer canon, Epson, hp, dan lain seagainya.

Sebagai perangkat keras yang terus menerus digunakan tentu printer juga memiliki beresiko terhadap kerusakan baik disebabkan karena ada nya kendala dari luar atau faktor dari dalam misalnya saja printer not responding, cartridge warna tidak terdeteksi dan yang akan kita bahas kali ini adalah masalah hasil cetakan printer canon yang bergaris.

Hasil cetakan warna hitam terputus – putus adalah permasalahan yang sering sekali muncul hal ini wajar saja karena warna hitam sangat sering sekali digunakan dibandingkan tinta warna.

Langkah – Langkah Memperbaiki Hasil Cetak Printer Canon Bergaris

#1. Bersihkan Bagian Encoder

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa encoder yang terletak dibagian belakang cartridge bentuk encoder menyerupai mika yang memenjang, yang mana salah satu fungsi dari encoder ini adalah sebagai sensor jadi sangat penting sekali untuk diperhatikan, silahkan periksa dan apabila encoder kotor atau terkena tinta silahkan dibersihkan secara perlahan menggunakan tisu.

Pastikan encoder sudah bersih dan cobalah kembali untuk mencetak dokumen jika masalah nya disini saya rasa hasil print akan kembali normal tanpa terputus – putus.

#2. Bersihkan Cartridge

Jika cara pertama tidak berhasil maka silahkan coba bersihkan bagian tempat keluar tinta pada cartridge cara nya cukup mudah, silahkan lepaskan cartridge dari computer kemudian siapkan air hangat dimangkuk dan tisu. Celupkan bagian bawah carritdge pada air hangat kemudian seka menggunakan tisu lakukan terus sampai tinta didalam cartridge terkuras sampai bersih.

Sebelum memsang cartridge silahlan isi tinta terlebih dahlu dan coba lah mencetak beberapa halaman dokumen.

#3. Lakukan Head Cleaning

Head cleaning adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan bagian cartridge dengan mengakses menu printer pada computer.

Caranya cukup mudah silahka masuk ke > Contro panel > Hardware and Sound > Devices and Printers

Kemudan lanjutkan dengan memilih head cleaning, maka secara otomatis computer akan mengirim perintah pada printer untuk membersihkan bagian head cartridge sekaligus memperlancar saluran tinta.

Tambahan.

Jika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi hasil print tetap bergaris, cobalah atur pada settingan printer dan gunakan hight quality untuk mencetak, mencetak akan terasa sedikit lebih lama namun biasanya hasilnya akan lebih bagus dan tidak bergaris.

Peringatan !

Masalah yang cukup serius adalah dikarenakan cartridge rusak atau lebih tepat nya bagian pita tempat keluar tinta sudah tidak berfungsi secara normal maka jalan satu satu nya adalah dengan cara mengganti cartridge dengan yang baru.

Silahkan datang ketempat servis untuk penanganan lebih lanjut.

Cukup sekian cara memperbaiki printer canon hasil cetakan bergaris, semoga dapat bermanfaat dan lakukan lah cara – cara diatas dengan hati – hati.

Posting Komentar untuk "3 Cara Ampuh Mengatasi Hasil Print Bergaris merek canon"