Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menagatasi Spasi Yang Berantakan MS Word 2007 - 2010

Contents [Show]
Cara Mengatasi Spasi Berantakan Di MS Word 2010 Ke 2007 Atau sebaliknya – Pernah gak sih kamu mengalami format dokumen word yang sudah kamu rapihkan tiba – tiba spasinya jadi renggang, hal ini bisanya terjadi ketika kamu mengetik di word 2007 kemudian dibuka di ms word 2010.

Cara memperbaiki spasi yang berantakan bisa dilakuan dengan dua cara yang pertama cara manual dan yang kedua otomatis yakni dengan menginstall SP3 yang bisa kita download pada situs resmi Micorosoft Office.

Cara mencegah agar spasi word 2010 tidak berantakan ketika dibuka di ms word 2007 maupun sebaliknya sebenarnya cukup mudah, namun terkadang ada beberapa bagian spasi dalam paragrafh yang sulit di rapihkan.

Cara mengatasi spasi yang terlalu jauh ketika di buat rata kanan dan kiri kembali kepada masalah yang membuat spasi itu jadi berantakan, jika masalah nya karena teks hasil copy paste dari internet maka hal ini bias di atasi dengan sangat mudah.

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah ketika mengetik dokumen pada word, jika kita menggunakan word 2010 maka baiknya dibuka pada ms word 2010 begitupun dengan word 2007, lalu bagaimana jika kita terpaksa harus membuka word 2010 di word 2007, simpel kita hanya perlu mengubah format pada save as type nya.

Cara Memperbaiki Sepasi Yang Berantakan Di MS Word

  1. Merubah Save As Type 
  2. Buka dokumen word 2010 kalian yang sudah di simpan
  3. Simpan kembali dengan cara Save As
  4. Ubah bagian Save As Type menjadi word 97 – 2003 document


  5. Terakhir klik Save 
Sekarang coba buka word 2010 di ms word 2007 saya rasa cara ini akan berhasil mencegah agar spasi tidak jadi berantakan, namun jika ternyata belum berhasil maka silahkan gunakan cara berikut dibawah ini

Buka Dengan WordPad 
  1. Buka WordPad terlebih dahulu caranya
  2. Klik Star pada kolom pencairan ketikan “ WordPad “ 


  3. Copy semua teks pada ms word 2010 ke dalam WordPad
  4. Selanjutnya silahkan copy kembali dari WorPad ke MS Word 2007

Jika spasi tidak berantakan itu artinya berhasil, namun apabila spasi masih acak – acakan dan kamu perlu mencetaknya silahkan cetak langsung dari WorPad.

Ubah Pengaturan Untuk Semua Versi

Tips berikutnya adalah dengan cara mengubah pengaturan word 2010 agar bisa dibuka di semua versi word, caranya cukup simpel
  1. Klik File 
  2. Check For Issues
  3. Check Compability, akan muncul tab baru selanjutnya
  4. Klik semua versi word yang ada, lalu klik Ok

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Hasil Copy Paste Dari Internet

Ada kalanya kita mengambil refrensi dari internet kemudian di copy paste pada word al hasil spasinya jadi berantakan, hal ini terjadi karena format teks dari internet ikut ter copy kedalam word, cara mengatasinya cukup mudah silahkan simak dibawah ini
  1. Blok semua teks hasil copy paste dari internet
  2. Klik tanda panah kecil pada menu Style kemudian pilih Clear Formatting 


  3. Maka secara otomatis teks akan kembali pada format semua, silahkan kalian rapihkan secara manual misalnya buat rata kanan dan kiri dan lain sebagainya.

Menginstall Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)

Langkah terakhir adalah dengan cara menginstall Microsoft Office Service Pack 3 ( SP3 ) hal ini agar word 2007 mampu membaca semua fitur yang ada pada ms word 2010, 2013 ataupun 2016. Ukuran SP3 351 MB, dengan menginstall SP3 kalain tidak perlu lagi menggunakan cara manual untuk memperbaiki format word yang berantakan termasuk spasi yang renggang atau kata terlalu berdempetan.

Kalian bisa download SP3 pada situs resmi Micorostf Office.

Ok mungkin cukup sekian tutorial cara mengatasi spasi jadi berantakan atau renggang pada ms word 2007, 2010, 2013 ataupun 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Menagatasi Spasi Yang Berantakan MS Word 2007 - 2010"