Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Margin MS Word Yang Benar

Contents [Show]
Cara Mengatur Margin MS 4-4-3-3 Pada MS Word 2007, 2010, 2013 dan 2016 - Menagtur batas tepi di ms word agar sesuai standar penulisan karya ilmiah maka terlebih dahulu harus diataur marginya terlebih dahulu, hal ini berhubungan juga dengan cara mengubah inches ke cm.

Dalam pembuatan sebuah dokumen formal sudah tentu ada kaidah atau aturan - aturan yang harus terpenuhi, sebut saja misalnya dalam pembuatan makalah atau skripsi.

Cara mengatur margin skripsi 4433 di ms word sangat penting dilakukan karena ini sudah menjadi standar keabasahan yang sudah ditentukan, begitupun dengan margin makalah, hal pertama pertama yang harus diperhatikan adalah jenis kertas size font dan lain sebagainya.

Cara merubah inches ke cm di word menjadi salah satu yang akan kita bahas dihalaman ini karena kita tahu untuk settingan default microsoft office word menggunakan inc bukan cm jadi kalo ini belum di ubah maka kita tidak akan menemukan ukuran cm di custom margin.

Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah setidaknya ada beberapa unsur berikut yang harus disertakan termasuk juga dalam pembuatan makalah, kalau untuk skripsi sendiri tambah banyak.

  • Cover
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III ( dan seterus nya ) 
  • Footone, jika mengutip dari sumber lain seperti buku atau internet
  • Kesimpulan
  • Penutup
  • Daftar Pustaka

Langkah langkah Mengatur Margin Atau Ukuran Kertas Pada MS Word

Ubah Inches Ke CM
Seperti yang sudah di jelaskan diatas jika kamu baru pertama kali menginstall micorosoft office maka secara default ukuran yang digunakan adalah inches, maka untuk mempermudah dalam mengatur ukuran kertas kita harus mengubah nya terlebih dahulu menjadi CM

Cara Merubah Inches Ke CM
  1. Buka MS Word
  2. Klik File Kemudian pilih Options


  3. Pilih Advanced lalu scroll kebawah dan ganti inches menjadi CM


Cara Mengatur Margin MS Word Yang Benar

Setelah inches dirubah ke cm, maka langlah berikutnya adalah mengatur ukuran kertas menjadi 4433 berikut caranya
  1. Klik PAGE LAYOUT
  2. Pilih Margins > Custom Margins


  3. Kemudian silahkan atur sebagai berikut, Top > 4, Left > 4, Buttom > 3, Right > 3


Cara Menulis Makalah Atau Skripsi Yang Baik Dan Benar

Gunakan kertas ukuran A4
A4 adalah ukuran standar untuk penulisan sebuah karya imliah termasuk makalah atau skripsi, agar nantinya kita tidak perlu mengatur ulang maka akan lebih baik jika kita memilih jenis kertas dan mengatur ukuran kertas sebelum memulai menulis
Klik PAGE LAYOUT lalu pilih Size pilih ukuran kertas A4


Mengatur Garis Spasi
Agar tulisan terlihat rapi maka kita perlu mengatur spasi, ukuran yang harus digunakan adalah 1,5 berikut cara mengaturnya
Klik HOME klik icon baris lalu pilih 1,5


Buat Tulisan Jadi Rata Kanan Kiri
Format yang tidak kalah penting yaitu membuat teks agar rata kanan dan kiri atau justify,semua karya ilmiah harus di format menjadi justify karena teks akan terlihat lebih rapih dan enak untuk dibaca
Klik HOME kemudian pilih icon garis rata, lihat gambar dibawah ini


Baca juga : Cara Mengatasi Spasi Jadi Berantakan Ketika Dibuat Rata Kanan Kiri

Gunakan Font Times New Roman
Font times new roman adalah jenis font yang digunakan untuk membuat sebuha karya ilmiah, font ini sudah terinstall secara otomatis di word jadi tidak perlu install ulang.

Ukuran Font
Gunakan ukuran font 12 untuk isi dokumen kecuali untuk heading dan subheading.

Ok mungkin cukup sekian cara mengatur margin ms word 4433 untuk makalah atau skripsi pada ms word 2007, 2010, 2013 atau 2016 silahkan komentar dibawah jika ada yang kurang.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Margin MS Word Yang Benar"