Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VRAM Fungsi VRAM Dan Jenis – Jenis VRAM

Contents [Show]
Pengertian VRAM Fungsi VRAM Dan Jenis – Jenis VRAM – Di pembahasan sebelumnya pernah di bahas juga pengertian RAM Dan Fungsinya Dan Apa Itu ROM pada komputer, dan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu VRAM pada sebuah komputer dan apa kegunaan VRAM di dalam komputer.

Membahas mengenai komponen software maupun hardware komputer tentu tidak aka nada habis nya karena komputer sendiri tersusun dari beberpa kompnen yang saling melengkapi dan saling membutuhkan, namun setidaknya kita bisa mengetahui komponen – komponen mendasar dari suatu komputer VIRAM misalnya, kita tentu pernah mendengar apa itu VRAM namun kita tidak mengetahui jenis VRAM dan cara kerja VRAM, apakah VRAM bisa di tambah atau upgrade dan lain sebagainya.

Jika temen – temen mencari pengertian VRAM untuk bahan pembelajaran atau hanya sekedar ingin mengetahui saja, maka di pembahasan ini akan kita bahas secara lengkap, silahkan baca pembasahanya di bawah ini.

Pengertian VRAM

VRAM adalah kependekan dari Video Randem Acces Memory, yaitu sebuah komponen yang terpasang pada video card yang berfungsi layaknya sebuha RAM ( Random Acces Memory ), kendatipun demikian ada perbedaan antara RAM dan VRAM, RAM digunakan untuk menyimpan data dari CPU ( Central Unit Processing ) sedangkan VRAM digunakan untuk menyimpan data dari GPU ( Graphical Processing Unit ).

Data – data yang berkenaan dengan VRAM berupa texture, frambuffer, atau asset lainya yang dibutuhkan oleh video card untuk merender gambar dan video yang akan ditampilkan pada layar monitor.

Apa Fungsi VRAM

Seperti yang sudah kita bahas di awal, VRAM merupakan sebuah media penyimpanan gambar yang akan di tampilkan pada layar monitor yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan Kartu Grafis, hal ini dikarenakan GPU lebih memiliki kecapatan untuk mengambil data dari VRAM di bandingakan mengambil data dari Hard Drive atau SSD.

Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbarui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM; hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan. ( Wikipedia )

VRAM juga berfungis untuk menjernihkan tampilan gambar yang di tampilkan pada layar monitor semkain bagus kualitas VRAM maka akan semkain bagus juga grafis yang akan di tampilkan.

Jenis – Jenis VRAM

Karena setipa sistem membutuhkan VRAM yang berbeda untuk kebutuhan video memori, maka sedikitnya ada empat jenis VRAM yang berbeda saat ini, adapun jenis – jenis VRAM tersebut sebagai berikut

#1. Synchronous Graphics RAM (SGRAM)

SGRAM adalah jenis vram dengan clock yang sudah tersinkronasi dengan kecepatan lock cenatral unit processor, data akan di ubah dalam satu oprasi untuk read dan write serta memperbaharui proses data, sehingga akan menghasilkan background, depan dan seluruh gambar yang tampil pada layar jadi lebih efesien.

#2. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)

RDRAM merupakan perangkat yang di rancang dan di kembangkan oleh Rambus. RDRAM memiliki BUS khusus yang berfungsi untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame buffer.

#3. Window RAM (WRAM)

Sekilas WRAM ada keterkaitanya dengan Microsoft melainkan WRAM ini adalah video ram yang memiliki kinerja dengan bandwidth cukup tinggi hingga mencapai kira – kira 25 persen lebih banyak jika di bandingkan dengan VRAM standar.

#4. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)

MDRAM adalah jenis video random acces memory yang di kembangkan oleh MySos yang mempunyia peforma cukup tinggi sehingga mempunyia harga yang cukup mahal. Adapun cara kerja dari MDRAM adalah dengan membagi data menjadi 32 KB dan di akes secara terpisah.

Lalu apakan VRAM bisa tambah, tentu saja bisa temen – temen bisa menambah VRAM baik itu VRAM AMD, cara  menambah VRAM Intel dan lainya, namun untuk tutorial  nya akan kita ulas di pembahasan berikutnya.

Posting Komentar untuk "Pengertian VRAM Fungsi VRAM Dan Jenis – Jenis VRAM "