Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tahapan Penting Dalam Manajemen Kinerja Karyawan

Contents [Show]
3 Tahapan Penting Yang Harus Diketahui Dalam Manajemen Kinerja Karyawan - Performance Management System merupakan proses sistematis yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kinerja karyawannya. Manajemen kinerja karyawan ini memiliki beberapa tahapan dari sistem manajemen kinerja yang efektif, antara lain:

#1. Perencanaan Tujuan

Tujuan individu dan tim haruslah dikomunikasikan kepada karyawan secara jelas dan ringkas. Tujuan-tujuan ini harus berdasarkan pada kriteria SMART (Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Relevan, Terikat waktu) dan harus dikembangkan oleh manajer dan anggota tim.

Tujuan haruslah mencerminkan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Dengan mengingat tujuan perusahaan, metode yang akan digunakan untuk mencapainya tentu akan lebih terarah dan bisa mencapai sesuai atau bahkan sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

#2. Pengawasan Konsisten 

Pantaulah hasil secara teratur dan konsisten dengan cara mengawasi produktivitas setiap karyawan yang dimiliki oleh perusahaan. Berbagai alat seperti log kejadian Pantaulah hasil secara teratur dan konsisten dengan cara mengawasi produktivitas setiap karyawan yang dimiliki oleh perusahaan. Berbagai alat seperti log kejadian kritis dapat digunakan untuk menyusun informasi yang akurat. Buatlah penyesuaian sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam kinerja dan perilaku untuk mencapai apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Bila perusahaan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Cobalah untuk melatih karyawan dengan mengajukan pertanyaan menyelidik, mendengarkan masalah setiap karyawan, memotivasi, dan membimbing semua karyawan yang ada.

Jangan lupa untuk memberikan feedback konstruktif seperti reward dan kritik yang membangun secara teratur, sebab hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas karyawan secara positif.

#3. Appraise performance

Biasanya, perusahaan akan melakukan penilaian kerja setiap akhir tahun yang memenuhi dua tujuan utama. Pertama, karyawan membantu mengidentifikasi kemungkinan penyesuaian dalam strategi dan tujuan dari SMART selanjutnya. Dan yang kedua adalah penilaian kinerja untuk membantu mengembangkan rencana pengembangan individu untuk karyawan yang berhubungan dengan gaji, posisi, dan jalur karier karyawan di masa depan.

Jangan pernah lupa bahwa sebenarnya penilaian kinerja tidak akan bisa akurat kecuali dua langkah pertama yaitu Plan and Do atau Rencana dan Lakukan, dijalankan dengan cermat dan metodis.

Bila tahap-tahap tadi dilakukan dengan cara yang tidak efisien, penilaian kinerja yang telah dilakukan akan berakhir dengan sia-sia yang justru akan mengakibatkan karyawan merasa kesal, bukannya termotivasi.

Mudahkan ketiga tahap dengan Software Performance Management

Pada akhirnya, memang benar bila mengakui prestasi karyawan melalui penghargaan finansial atau non finansial sangat penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan proses Performance Management System.

Namun, memiliki Performance Management System yang efektif membutuhkan komitmen top-down dari perusahaan serta alokasi sumber daya yang diperlukan. Mudahkan proses report dan evaluasi ketiga tahap dalam Manajemen Kinerja Karyawan dengan Software Performance Management dari LinovHR.

Dengan Software Performance Management dari LinovHR akan memudahkan perusahaan dalam melakukan ketiga tahap tersebut, Segala proses penilaian kinerja karyawan akan dibuat otomatis dengan sistem LinovHR, tentunya dengan standar

Dengan Software Performance Management dari LinovHR akan memudahkan perusahaan dalam melakukan ketiga tahap tersebut, Segala proses penilaian kinerja karyawan akan dibuat otomatis dengan sistem LinovHR, tentunya dengan standar yang telah di atur oleh perusahaan terlebih dahulu, Hal ini agar penilaian oleh Software Performance Management dari LinovHR  telah sesuai peraturan perusahaan.

Selain itu platform LinovHR telah terbukti dan terjamin kualitasnya. Karena LinovHR merupakan penyedia Software Performance Management terbaik di Indonesia. LinovHR menjadi andalan berbagai perusahaan-perusahaan High-level di Indonesia.

Klik tautan dibawah ini untuk mengetahui lebih lengkap tentang Software Performance Management - > https://www.linovhr.com/software-performance-appraisal-linovhr/

Terimakasih dan salam sukses...!


Tags: Tips bisnis, Manajmen kinerja karyawan

Posting Komentar untuk "3 Tahapan Penting Dalam Manajemen Kinerja Karyawan"