Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengunci Folder Laptop Tanpa Software Tambahan

Contents [Show]

Membuat pasword pada folder di laptop adalah langkah pertama untuk melindungi data yang tersimpan di dalam folder tersebut, membuat pasword pada folder di laptop akan sangat berguna untuk menjaga pencurian data atau penyalah gunaan data tanpa seizin pemilik.

Untuk mengunc folder penting di laptop windows 7, win 8, atau win 10, tanpa software tambahan sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah, kita hanya perlu menggunakan notepad bawaan windows atau jika ingin menggunkan yang lain kita juga bisa menggunkan software tambahan dengan mendwonload aplikasi pengunci folder, namun pada tutorial kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengunci folder di laptop tanpa software tambahan. cara ini bisa kita peraktekan pada windwos 7, windows 8 ataupun windows 10. 

Cara Mengunci Folder Laptop Tanpa Software Tambahan 

#1. Buat folder baru terlebih dahulu dan beri nama misalnya , " folder terkunci "


#2. Kemudian buka Notepad cara nya klik > Star > Notepad

#3. Copy paste kode di bawah ini ke dalam notepad 

Quote:
Quote: cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== pasword di sini goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End 

#4. Silahkan temen - temen ganti tulisan pasword di sini yang saya tandai dengan warna merah dengan pasword yang kita inginkan, ( pasword bebas dan harap di ingat ) misalnya pasword nya " capslockone " lihat gambar di bawah ini


#5. Jika kita sudah menuliskan pasword nya, silahkan simpan Notepad tersebut ke dalam folder yang tadi kita buat ganti nama nya menjadi " locker.bat " kemudian klik Save 


#6. Sekarang buka folder yang tadi kita buat, maka kita aka menemukan file dengan nama locker, silahkan klik dua kali file locker tersebut maka secara otomatis akan ada folder baru dengan nama private, nah di dalam folder private ini lah nanti nya kita kan menyimpan data penting kita, silahkan simpan semua data penting ke dalam folder private tersebut,

#7. Untuk mengunci folder nya silahkan temen - temen klik lagi dua kali file locker tadi, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.


#8. Silahkan tekan tombol " Y " pada keyboard kemudian enter, maka secara otomatis folder private tadi akan terkunci oleh folder locker tersebut.

#9. Kemudian bagaimana cara membuka folder yang di paswrord tadi ? cara nya sangat mudah silahkan klik lagi dua kali file locker tersebut maka akan muncul tampilan konfirmasi untuk memasukan pasword yang kita buat tadi, silahkan masukan paswwrod yang kita buat karena tadi kita menggunakan pasword " capslockone " maka ketikan saja  capslockone  , lihat gambar di bawah ini.


#10. Maka secara otomatis folder private yang berisi data penting tadi akan terlihat kembali, lakukan hal yang sama ketika kita akan mengunci folder dan membuka folder penting tersebut.

Note : Cara ini juga bisa di gunakan untuk cara mengunci folder di flashdisk.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Folder Laptop Tanpa Software Tambahan "