Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Lengkap

Contents [Show]

Mengecek spesifikasi laptop atau komputer harus kita lakukan alasanya agar kita mengetahui kapasitas dari laptop kita tersebut, mengecek sepesifikasi laptop baik RAM maupun CPU sering di lakukan kertika kita akan menginstal software yang ukuran nya lumayan besar misalnya saja ketika kita akan menginstal game di laptop atau software edit video adobe premire pro atau adobe after effect. 

Melihat spsesifikasi laptop penting di lakukan ketika kita membeli sebuah laptop baru maupun bekas dengan tujuan ketika kita menginstal game di laptop game tersebut dapat berjalan dengan baik, untuk menginstal sebuah game di laptop biasanya prosesor laptop harus di atas minum dari ukuran game tersebut selain itu RAM pun menjadi alasan penting sebuah game dapat berjalan tanpa hambatan.

Untuk mengecek spesifikasi laptop  kita tidak perlu lagi menggunakan software tambahan karena kita bisa mengecek spesifikasi laptop dengan mudah windows sendiri telah menyediakan tool yang dapat di gunakan untuk melihat informasi spesifikasi dari laptop tersebut, tool bawaan windows ini bernama DirectX Diagnostic Tool, dengan tool ini kita bisa melihat tipe laptop, mengecek RAM laptop, Processor, Display, Sound, dan Input.

Namun perlu di ingat bahwa DirectX Diagnostic Tool ini hanya dapat di gunakan oleh perangkat yang menggunakan system oprasi windows karna directx ini merupakan program yang di kembangkan oleh Microsoft. Di bawah ini akan kita ulas dua cara melihat spesifikasi laptop dengan mudah tanpa software dan dengan menggunakan software 

Cara Cek Spesifikasi Laptop Dengan Mudah Tanpa Software Tambahan

#1. Tekan tombol Windows + R, pada keyboard


#2, Maka akan muncul jendela Run, ketikan dxdiag pada bagian Open kemudian tekan enter pada keyboard lihat gambar di bawah ini


#3. Maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool, di sini kita bisa melihat Sistem Oprasi, Manufaktur, Model, Bios Prosesor, Kapasitas RAM dan versi DirectX di Tab System. 

#4. Untuk mengecek atau melihat kartu grafis yang di gunakan laptop kita klik Next Page atau Tab Display

#5. Selain itu kita juga bisa mengecek perangkat Suara melalui Tab Sound

#6. Dan di tab Input kita dapat melihat perangkat input yang terpasang keyboard. mouse touchpad dan lainya.

Jika kita sudah melihat spesifikasi laptop kita bisa menutup nya dengan cara klik Exit. 


Selain dengan cara di atas kita juga bisa mengecek spesifikasi laptop dengan menggunakan Speccy, Speccy adalah software tambahan yang bisa kita gunakan untuk mengecek RAM, CPU dan VGA

Begini Cara Cek Spesifikasi Laptop Menggunakan Speccy

#1. Install terlebih dahulu aplikasi nya DI SINI>>

#2. Install aplikasi kemudian buka Speccy

#3. Temen - temen dapat melihat spesfikasi laptop secara lengkap, lihat gambar di bawah ini


Perbedaan antar DirectX Diagnostic Tool dengan Speccy adalah kita bisa mengecek lebih lengkap spesifikasi dari laptop tersebut Speccy hampir menampilkan semua informasi tentang laptop kita.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Lengkap"