Skip to main content

Pengertian RAM dan Fungsinya ROM Serta Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM dan Fungsinya ROM dan apa perbedaan RAM dan ROM – kita semua tentu sudah pernah mendengar apa itu RAM dan ROM, namun tidak semua dari kita dapat menjelaskan pengertian RAM dan fungsinya RAM dan ROM pada sebuah perangkat, oleh karena itu disini akan kita bahas secara jelas tentang pengertian, fungsi dan cara kerja Random Acces Memory.

Pengertian RAM

RAM ( Random Acces Memory ) adalah sebuah perangkat keras ( hardware ) pada sebuah komputer atau hp ( smartphone ), yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tepat tidak memperdulikan letak data tersebut dalam sebuah memori.


RAM juga digunakan sebagai media penyimpanan sementara ketika RAM mendapat suplay arus listirk atau ketika perangkat di hidupkan, artinya data yang diproses oleh user tidak akan di simpan di RAM ketika komputer di matikan, berbeda dengan harddisk, harddisk adalah komponen komputer yang dapat menyimpan data secara permanen sekalipun perangkat di matikan.

Baca Juga : Pengertian Harddisk, Fungsi Harddisk, dan Cara Kerja Harddisk

Kapasitas RAM bagi sebuah perangkat amatlah sangat berpengaruh, semakin besar RAM yang di benamakan dalam sebuah perangkat maka akan semakin cepat juga proses loading atau akses data yang dilakukan, jadi tidak heran jika saat ini RAM HP mempunyai kapasitas yang cukup besar alasanya karena hampir semua aplikasi yang di jalankan membutuhkan kecepatan akses yang cukup tinggi misalnya saja game seperti game PUBG, Firee Fire, Mobile Legend dan lain sebagainya, untuk game seperti ini rata – rata membutuhkan RAM minimal 2GB sampai 8GB lebih utnuk menjalankan game tanpa lag atau patah – patah.

Begitupun untuk sebuah komputer selain processor, RAM juga menjadi salah satu penentu seberapa kencengnya komputer bisa membaca sebauah aplikasi yang kemudian diproses nya. Untuk komputer sendiri kita bisa menambah kapasitas RAM ( Upgarade ) namun harus sesuai dengan standar kemampuan karena jika terlalu memakasakan akan terjadi overlocking yang membuat perangkat bekerja dibawah tekanan kemampuan standar yang akan menimbulkan kerusakan pada perangkat.

Apa Fungsi RAM

Fungsi RAM pada sebuah komputer setidaknya memiliki fungsi sebagai berikut

  • Membaca Data
RAM adalah komponen yang bekerja pertama kali ketika perangkat di hidupkan, RAM akan memanggil data yang di butuhkan user, jika data pada RAM tidak di temukan maka RAM akan mencari data pada sebuah harddisk yang kemudian akan diproses dan di tampilkan pada monitor, karena harddisk terhitung lambat dalam membaca data maka RAM akan menyimpan data atau file secara sementara ketika  data atau file pertama kali dibuka. Contohnya ketika temen – temen membuka MS Word maka secara otomatis data ms word akan di simpan dan di jalankan oleh RAM namun ini sifatnya sementara oleh karena nya kita harus menyimpan data atau file pada harddisk, yang nantinya dapat di panggil lagi oleh RAM ketika kita membutuhkan.

Seperti yang sudah di jelaskan di awal RAM mempunyai kemampuan membaca data dengan sangat cepat, oleh kaeranya untuk mengurangi keterlamabatan dalam memanggil data, maka RAM akan menyimpan data  yang sedang di baca atau di buka secara semmentara, sehingga tidak heran ketika kita membuka dua aplikasi secara bersamaan kita bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa memerlukan waktu lama dengan catatan kita belum menutup aplikasi tersebut.
  • Menyimpan data sementara
Ya RAM selain digunakan untuk membaca data, RAM juga digunakan untuk menyimpan data program  atau software yang sedang di jalankan, temen – temen bisa melihat gambar di bawah ini.


Pada gambar di atas dapat kita lihat beberapa program yang sedang di jalankan oleh RAM, jadi selama kita belum menutup ( close ) program yang sedang di jalankan RAM maka kita dapat membuka program tersebut dengan sangat cepat.

Jenis Jenis RAM 
  • Dynamic random – acsses memory ( D RAM )
Merupakan jenis random akses memori yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. D RAM harus di refresh secara berkala agar data yang tersimpan tidak hilang.
  • Syanchours Dynamic Random Acces Memory ( SDRAM )
SDRAM merupakan salah satu jenis dari memori komputerdalam kategori solid-state 
  • Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory ( DDR RAM )
Ini adalah jenis memori komputer yang memiliki kecepatan sangat cepat DDR RAM sebenarnya kelanjutan dari SDRAM, hanya saja menggunakan sinyal clock untuk mentransfer data lebih cepat.
  • Rambus Dynamic Acces Memory ( RDRAM )
RAM yang juga memiliki kecepatan dalam melakukan proses kerjanya dan umumnya memiliki harga yang cukup mahal di banding SD RAM.
  • Static Random Acces Memory ( S RAM )
RAM yang menyimpan data tanpa harus melakukan refreshed secara berkal, hal ini dikarenakan S RAM di desain menggunakan transistor tanpa kapasitor.
  • Extended Data Out Random Access Memory ( EDO RAM )
EDO RAM meruapakan memori modern yang memiliki kemampuan untuk mengakses suatu bit secara terus – menerus pada halaman yang sama dalam memori.

Pengertian ROM


Read Only Memory adalah kepanjangan dari ROM, ROM merupakan media penyimpanan data pada sebuah komputer, data yang tersimpan di dalam ROM bersifat permanen, sehingga data atau program yang di simpan di dalam ROM tidak akan mudah berubah dan hilang sekalipun tidak ada tegangan listrik.

Untuk menyimpan data pada ROM tidak lah semuah menyimpan data pada Harddisk, namun untuk membaca data dari sebuah ROM sangat mudah di lakuakan, secara default biasanya data yang tersimpan di dalam ROM ini adalah hanya program – program bawaan pabrik. ROM diguanakan untuk menyimpan firmware yang berhubungan erat dengan hardware.

Contoh ROM pada sebuah komputer adalah ROM BIOS, jika kita pernah melakukan install ulang windows pasti kita pernah melihat BIOS, dimana pada BIOS ini yang tersimpan hanya program bawaan pabrik sebagai system sebuah komputer.

Cara Keraj ROM

Cara kerja ROM pada sebuah perangkat adalah sebagai media penyimpanan data yang hanya dapat di baca, program yang tersimpan di dalam ROM hanya program bawaan pabrik, data di dalam ROM berupa software default bawaan pabrik yang di simpan secara permanen, Prinsip kerja ROM adalah Input Device > Data > ROM > Information > Output Device.

Fungsi ROM

ROM berfungsi sebagai media penyimpanan firmware yaitu perangkat lunak atau software default bawaan pabrik yang berhubungan dengan pernagkat keras hardware, contohnya BIOS dimana ketika perangkat di hidupkan maka BIOS akan langsung di eksekusi tanpa harus menunggu perangkat yang lain.

Jenis – Jenis ROM

ROM terdiri dari beberapa jenis berikut jenis ROM yang harus kita ketahui.
  • Mask ROM
Ialah memori dimana content nya hanya dapat di buat oleh produsen bukan di buat oleh user atau pengguna. Data yang tersimpan di dalam ROM di masukan langsung melalui mask ketika perakitan chip.
  • Flash Memory
Yang dapat mengizinkan lokasi untuk di hapus dan di tulis dalam satu pemogramaman.
  • Compact Disk Read Only Memory ( CD – ROM )
Adalah jenis ROM berebntuk sebuah cakram yang terbuat dari cakram optic, CD ROM hanya dapat di baca saja dan tidak dapat di write.
capslockone.com:
Terimakasih telah membaca Artiel ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar atau hubungi Admin via Conatc Us. Pesan yang masuk akan segera Admin balas
IKUTI BLOG INI
Buka Komentar