Skip to main content

Pengertian Harddisk, Fungsi Harddisk Dan Cara Kerja Harddisk

Pengertian Harddisk, Fungsi  Harddisk Dan Cara Kerja Harddisk Pada Sebuah Komputer – Kita semua tentu pernah mendengar kata harddisk,  namun tidak semua orang bisa mendefinisikan apa itu harddisk dan kegunaan harddisk pada sebuah komputer, banyak yang sering bertanya pengertian harddisk menurut para ahli mungkin karena alasan ingin mendapatkan informasi yang tepat, atau untuk memenuhi tugas pembelajaran.

Bagi temen – temen yang mempunyai latar belakang pendidikan multimedia mungkin sudah mengetahui arti harddisk dan fungsinya namun bagi temen – temen yang kurang faham apa itu harddisk di bawah ini akan kita bahas secara lengkap dan jelas.

Pengertian Harddisk

" Harddisk " atau "hard drive" (disingkat HD) atau "harddisk drive" (disingkat HDD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. " Wikipedia.

Harddisk merupakan perangkat keras yang di gunakan untuk menyimpan dan membaca data pada sebuah komputer, data yang tersimpan di dalam harddisk bersifat permanen dan tidak akan hilang meskipun perngkat atau komputer telah di matikan, kecuali data dalam harddisk sengaja di hapus atau terkena virus, berbeda dengan RAM ram hanya menyimpan data sementara dan data tidak akan di simpan pada saat perangkat di matikan.

Harddisk terbagi dua ada harddisk eksternal dan harddisk internal, harddisk eksternal adalah harddisk yang dibuat dengan mempertimbangkan portabilitas, yang dapat digunakan untuk lebih dari satu komputer, kita hanya perlu sebuah kabel konektor USB untuk menghubungkan harddisk eksternal pada sebuah perangkat.


Sedangkan harddisk internal adalah penyimpnan yang di buat secara permanen yang di benamkan di perangkat itu sendiri, misalnya saja pada sbuah laptop, setiap laptop pasti mempunyai harddisk di dalam nya dan untuk ukuran nya bervareasi ada yang 4GB ( Gigabyte ) sampai 1TB ( Terabyte ).

Jenis – jenis harddisk

Ada bebrapa jenis harddisk di pasaran teknologi saat ini, dan kesemuanya itu memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing - masing berikut ulasan tentang jenis – jenis harddisk

  • IDE 


Integrated Devices Electronics atau sering juga di sebut ATA  ( Adavanced Technology Attachment ), IDE merupakan harddisk pertama, dan salah satu harddisk yang mempunyai kapasitas cukup kecil untuk keperluan komputer saat ini, IDE hanya mampu menyediakan space penyimpanan sebesar 320 Gigabyte saja sehingga sudah tidak efesien lagi digunakan.
  • SATA


Serial Advanced Technology Attachament merupakan jenis harddisk yang paling banyak digunakan saat ini, selaian mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar mulai dari 80 GB sampai 2 TB harddisk SATA juga mempunyai kemampuan kecepatan dalam membaca data, salah satu kelebihan dari harddisk SATA ini adalah native command queuing yang mana mampu meningkatkan kecepatan berkali lipat di bandingkan harddisk jenis IDE. 

Perbedaan hardisk ATA dan Hardisk SATA dapat kita simpulkan dari kapasitas penyimpanan yang dimiliki dan kecepatan dalam meabaca data dan masih ada yang lainya
  • SCSI


Small Computer System Interface merupakan jenis harddisk dengan kemampuan membaca data paling cepat di bandingakan dengan jenis harddisk IDE dan SATA, dan kapasitas penyimpanan yang mencapai 5TB, dengan kecepatan dalam membaca data harddisk jenis ini biasanya digunakan pada komputer server penyedia database.

Fungsi Harddisk 

Harddisk merupakan komponen penting dalam sebuah komputer, karena harddisk merupakan tempat menyimpan berbagai data yang di lakukan user, setidaknya ada beberapa fungsi harddisk yang akan di bahas di bawah ini.

Untuk menyimpan berbagai file digital dari User

Umumnya harddisk merupakan tempat penyimpanan data atau file seperti dokumen, video, mp3 software dan lain sebagainya, harddisk memiliksi fungsi yang sangat vital bagi sebuah komputer karena hampir semua data di simpan dalam sebuah harddisk pada sebuah komputer, oleh karena nya merawat harddisk agar tidak mudah rusak perlu di lakukan.

Sebagai tempat back up data

Bagi temen – temen yang mempunyai data cukup banyak dan penting, dan khawatir akan kehilangan data – data penting maka harddisk bisa menjadi solusi pertama untuk mem back up data – data penting yang kita miliki, karena seperti yang yang kita bahas di atas harddisk menyimpan data atau file secara pemanen sekalipun komputer di matikan. 

Bagian – Bagian Harddisk 


Di dalam sebuah harddisk terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan yang secara keseluruhan menjadi satu kesatutan fungsi, yakni sebagai media penyimpanan yang dapat di write dan di read, berikut bagian – bagian dalam harddisk
  • Cover mounting Holes
Bagian ini berfungsi sebagai lubang tempat sekrup yang digunakan untuk memasang tutuk hardisk
  • Base casting
Bagian dasar dari harddisk untuk merangkai bagian – bagian harddisk dalam satu kesatuan, bas casting pada umumnya terbuat dari logam
  • Actuator Arm
Actuator arm merupakan lengan mekanik yang berfungsi menggerakan head untuk read atau write data pada sebuah piringan magnetic.
  • Actuartor Axis
Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai poros pergerakan lengan mekanik
  • Actuator 
Actuator berupa blok logam yang bersifat magnetic dimana didalam nya terdapat motor penggerak lengan mekanik
  • Spindle 
Spindle mempunyai tugas sebagai mesin pemutar piringan ketika harddisk beroprasi
  • Slider
Bagian ini berfungsi untuk membaca dan menulis data pada piringan magnetic
  • SCSI Interface Conncetor 
agian ini berfungsi sebagai penghubung harddisk dengan motherboard
  • Jumper Pins
Berfungsi sebagai tempat pengaturan posisi pembacaan harddisk pada sebua komputer, jumper pins berupa rangkaian pin logam.
  • Jumper
Yang mengatur hubungan antar pin
  • Power Connector
Bagian ini berfungsi sebagai penghubung sumber arus listrik ke harddisk
  • Tape Seal
Tape seal berfungsi sebagai pelindung jaminan dari kemungkianan rusaknya harddisk, ( berupa pita segel ) 
  • Ribbon Cable 
Bagian dari harddisk dalam bentuk kabel tipis yang mana fungsinya untuk menghubungkan head ke papan logic berupara rangkaian elektronik pada bagian bawah harddisk
  • Platters 
Platters berupa sebuah piringan yang biasanya terbuat dari bahan logam magnetic 
  • Case Mounting Holes 
Bagian dari harddisk berupa lubang untuk menutup sekrup untuk pemasangan pada komputer
  • Circuit Board
Bagan harddisk yang berupa papan rangkaian elektronik yang berfungsi untuk mengoprasikan harddisk.
capslockone.com:
Terimakasih telah membaca Artiel ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar atau hubungi Admin via Conatc Us. Pesan yang masuk akan segera Admin balas
IKUTI BLOG INI
Buka Komentar