Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Barcode Di MS Word 2007 - 2010 Paling Mudah

Contents [Show]
Cara Membuat Barcode di ms word 2007, 2010 2016 - generate qr ms word sebenarnya sangatlah mudah karena kita hanya membutuhkan font kode qr.

barcode font adalah jenis font yang digunakan untuk membuat sebuah kode batang dari angka - angka yang kita tulis di ms word maupun excel.

Kode ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, barcode biasanya terdapat pada kemasan produk seperti elektronik dan lain sebagainya.

Cara membuat barcode bisa kita lakukan dengan ms word 2007, 2010, 2013 atau 2016 proses pembuatan sangat mudah dan sama sekali tidak perlu menggunakan aplikasi tamabaha.

Barcode ini bisa digunakan untuk produk toko, minimarket, atau yang sudah sering kita lihat pada produk alfamart dan indomaret yang mana dengan adanya barcode atau kode batang ini proses pengecekan barang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Selain untuk proses perdagangan, barcode biasanya juga di gunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk kartu identitas, perpus, karyawan buku-buku di perpus, sehingga akan sangat membantu dalam proses pendataan buku-buku, atau absesnsi otomatis karyawan

Fungsi Barcode 

Kegunaan barcode pada suatu produk adalah sebagai sarana untuk mempermudah kita dalam menginput data, dimana penginputan data dilakukan secara otomatis dengan melakukan scaner pada kode batang atau kode garis - garis hitam yang terbuat dari angka tertentu.

Manfaat Barcode Untuk Toko Atau Buku Di Perpustakaan 

Keberadaan barcode atau kode batang sangat membantu terutama pada alfa mart atau mini market yang menerapkan sistem komputerisasi dalam proses pembayaran di kasir, sehingga dengan menggunakan alat scanner atau pembaca barcode akan sangat membantu proses pembayaran dengan cepat dan mudah, sehingga kita bisa mengetahui berapa harga yang harus kita bayar.

Cara Membuat Barcode Di MS Word 

  1. Untuk membuat sebuah barcode di ms word kita membutuhkan font barcode yang mana nantinya font ini yang akan mengubah sekumpulan angka menjadi sebuah kode batang dalam bentuk baris

  2. Install font barcode di ms word, kamu bisa menginstall nya lewat link dibawah ini
  3. Font Barcode MS Word
  4. Silahkan install font caranya buka folder font yang yang sudah kamu download, lalu klik dua kali pada icon font terakhir klik Install, tunggu proses penginstallan, lihat gambar dibawah ini
  5. Cara Membuat Barcode Di MS Word 1. Jika font sudah berhasil di install sekarang buka ms word dan buat dokumen baru
  6. Sebagai contoh coba kamu ketikan angka 1 sampe 9
  7. Blok angka tersebut lalu ubah jenis font nya dengan font yang sudah kamu install tadi, maka hasil nya akan seperti pada gambar dibawah ini.

Jika barcode kurang besar silahkan besarkan ukuran font nya sesuai yang kamu butuhkan.

Tips Membuat Barcode Di Word 

Terkadang ada beberapa font barcode yang tidak mau berubah walaupun sudah diganti maka untuk cara mengatasi nya kamu hanya perlu menambahkan tanda bintang dibagian awal dan akhir font contoh *123456789*, kemudian coba blok dan ganti pake font barcode.

Itulah langkah - langkah membuat barcode di microsoft word, kode ini bisa kamu terapkan untuk kode buku atau produk lainya.

Gunakan scanner untuk membaca kode yang tersimpan pada barcode.

Ok mungkin cukup sekian cara membuat barcde atau kode batang pada ms word 2007, 2010, 2013 ataupun 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Barcode Di MS Word 2007 - 2010 Paling Mudah"