Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Drop Cap Di MS Word Paling Mudah

Contents [Show]
Cara Membuat Huruf Awal Besar Pada Awal Kalimat Di Word - Huruf satu besar diawal paragraph atau kalimat di word sering kita lihat di majalah atau koran.

Cara membuat huruf kapital di word ini kita bisa memanfaatkan menu atau fungsi Drop Cap di ms word baik 2007, 2010, 2013 atau 2016.

Drop Cap adalah huruf besar di awal kalimat, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membesarkan salah satu kata di awal pargraf, Drop Cap biasanya banyak kita temui di surat kabar, koran contohnya majalah dan lain sebagainya. Fungsi dari drop cap sendiri adalah untuk membuat huruf lebih besar dan tebal yang biasnya terlerletak di awal kata, sehingga huruf pertama akan terlihat beda dengan ketebalan yang berbeda pula.

Dengan adanya drop cap pada kalimat membuat tulisan kita terlihat lebih elegan dan menarik perhatian untuk membacanya.

Untuk membuat Drop Cap di Microsoft Word sebenarnya sangat mudah, contoh hasil sederhana dari Drop Cap seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Huruf Awal Besar Pada Awal Kalimat Di Word

Buka MS Word pada komputer
Mulailah mengetik atau kita sudah punya dokumne, yang akan diberi Drop Cap.
Blok salah satu kata yang akan di Drop Cap, kemudian pada menu Ribbon klik, Insert > Drop Cap > Dropped, lihat gambar dibawah ini.


Secara default, Drop Cap tiga baris normal, namun kita juga bisa melakukan pengaturan di Drop Cap Options...klik Drop Cap Options, maka akn muncul jendela Drop Cap, pada Lines to drop rubah angka 3 sesuai yang sahabat butuhkan.

  • None, berarti tidak ada efek drop cap pada tulisn
  • Dropped, berfungsi untuk memberikan efek drop pada salah satu suku kata, teteapi efefk dropcap yang dibuat masih terdapat dalam margin
  • In Margin, berfungsi untuk memberikan efek drop cap tetapi huruf yang di pilih akan berada pada bagian samping margin.

Contoh Drop cup pada halaman ms word

#4. Jika ingin menghilangkan Drop Cap, caranya sama seperti cara membuat Drop Cap, block kata yang akan dihilangkan Drop Cap nya kemudian pilih None.

Fungsi Drop Cap 

untuk membuat tulisan lebih besar pada awal paragraf, biasanya kita temukan di majalah atau koran - koran, drop cap bertjuan untuk menarik perhatian pembaca

Baca juga Artikel Dengan Tags : cara membuat drop cap di microsoft word 2010 drop cap adalah fungsi drop cap

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Drop Cap Di MS Word Paling Mudah"