Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Struktur Oragnisasi Di Micorosoft Word

Contents [Show]
Cara Membuat Struktur Organisasi Di MS Word  - Struktur organisasi dapat dibuat secara manual maupun secara otomatis baik di ms word 2007, 2010, 2016.

Cara membuat struktur organisasi secara manual di ms word biasa saja kita lakukan, kita bisa insert shape maupun line untuk membuat sturktur organisasi secara manual.

Jika kita pernah ikut sauatu organisasi, atau contoh umumnya ketika kita sekolah pastinya ada struktur kepengurusan kelas, dan itu biasanya dibuat secara manual atau dengan menggunakan bantuan komputer, sebenarnya ada banyak sekali cara membuat bagan  yang bisa kita gunakan untuk membuat Struktur kelas keren, bisa di corel draw photoshop atau lainya.

Namun jika hanya sekedar membuat struktur organisasi untuk kelas, dengan mengguanakan microsoft office pun kita sudah bisa membuat struktur oragnisasi kelas yang keren dan menarik, selain itu cara pembuatan nya pun sangat mudah

Nah disini saya akan bahas cara membuat struktur organisasi yang sangat mudah banget dilakaukan, yaitu menggunakan MS Word, kita tau MS Word adalah suatu softwre olah kata yang sangat populer digunakan dikalangan masyarakat, karna MS Word hadir dengan fitur - fitur yang saya rasa sangat lengkap dan ini tentunya sangat membantu kita dalam melakukan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan MS Word.

Contohnya ketika kita akan membuat Struktur organisasi, di ms word sudah disediakan fitur untuk pembuatan struktur oraganisasi, yang pasti lebih keren dan terlihat profesional, dibawah ini adalah contoh gambar sederhana model sturktur organisasi, lalu bagaimana cara membuat struktur organisasi kelas di ms word, bagi temen-temen yang kurang faham silahkan simak cara nya di bawah iniCara

Cara Membuat Struktur Oragnisasi Di Micorosoft Word

1. Buka MS Word pada komputer
2. Pada menu bar atau ribbon klik Insert > SmartArt, pilih all untuk melihat semua jenis struktur yang mau kita gunakan,
3. Klik salah satu jenis struktur, yang akan digunakan dan jangan lupa klik OK.


Tarik pojok pinggir atas atau bawah untuk memperbesar atau memperkecil area pengerjaan struktur, usahakan sampul full memenuhi satu halaman.

4.  Setelah struktur organisaisi terbentuk dan sudah sesuai yang kita inginkan, sekarang saatnya untuk menuliskan data- data yang sduah kita sediakan, caranya ketikan datanya pada kotak Type your text here,, lihat gambar diatas yang saya beri kotak warna merah.

Kemudian jika ada kolom yang tidak terpakai, kita bisa menghapusnya dengan cara klik salah satu kolom yang akan dihapus kemudian klik tombol Del ( Delet ) pada keyboart.

5. Jika kekurangan kolom kalian bisa menambahnya dengan cara klik > Design > Add Shape

6.  Untuk menambahkanya, klik salah satu kotak struktur > Design > Add Shape, klik tanda panah kecil pada Add Shape, maka akan muncul beberapa pilihan dibawah nya.

Contoh Struktur Organisasi Kepengurusan


  • Add Shape After, menambahkan kolom setelah kolom dipilih, posisi akan sejajar dengan kolom yang dipilih.
  • Add Shape Before, menambahkan kolom sebelum yang terpilih, posoisi sejajar dengan kolom yang dipilih
  • Add Shape Above , untuk menambahkan kolom di atas kolom yang dipilih
  • Add Shape Below, untuk menambahkan kolom dibawah kolom yang dipilih.

Jika ingin merubah warna dan model struktur yang sahbat buat bisa di coba di Design, disana ada banyak model struktur yang bisa digunakan.

Ok mungkin cukup sekian tutorial cara membuat struktur oraganisasi di ms word 2007, 2010 atau 2016 semoga bermanfaat, jika kalian tidak menemukan style struktur yang kalian butuhkan maka kalian bisa membuatnya secara manual dengan memasukan shapes yang sudah tersedia.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Struktur Oragnisasi Di Micorosoft Word"