Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sertifikat Di Word Paling Mudah

Contents [Show]
Cara Membuat Sertifikat Di MS Word 2010, 2013 Maupun 2016 – Sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian.

Cara membuat sertifikat di ms word bisa dilakukan secara manula maupun dengan menggunakan template sertifikat yang sudah disediakan hanya saja kekuranganya kita tidak bisa mengubah desain template sertifikat seperti yang kita inginkan, beda hanya ketika membuat sertifikat sendiri kita bisa mengatur desain template sesuka hati kati.

Membuat sertifikat di MS Word 2013 lebih dimudahkan lagi karena sudah banyak template sertifikat yang siap kita gunakan dan itu menurut saya keren semua, kalian tinggal download template setelah proses selesai template akan terbuka otomatis di word 2013 dan bisa langsung kita edit, misalnya mengganti heading, nama dan lain sebagainya.

Selain di word kita juga bisa membuat sertifikat secara online yaitu dengan membuka situs yang memang menyediakan jasa pembuatan template secara online dan gratis selain itu biasanya kita juga bisa memlilih background sertifikat yang kita butuhkan.

Atau jika kamu mempunyais skill desian kamu bisa membuat sertifikat di photoshop atau corel saya rasa hasilnya akan lebih maksimal karena memang photoshop maupun corel dibuat untuk kebutuhan desain.

Namun bagi kamu yang minim skill desain maka membuat sertifkat di word adalah pilihan dan hasilnya nya pun tidak kalah menarik.

Cara Membuat Sertifikat Di MS Word 

Cara pertama yang akan kita gunakan yaitu membuat sertifikat di Microsoft Word karena kebetulan saya menggunakan word 2013 namun bagi kamu yang menggunakan word 2010 atau diatas 2016 tidak masalah karena caranya sama saja.

Memilih Template Sertifikat 

Di word 2013 ada cukup banyak template sertifikat yang bisa kamu gunakan secara gratis dan disesuaikan dengan katogori sertifikat yang kamu butuhkan missal sertifikat pendidikan dan lain sebagainya
  1. Buka Micorosoft Word 2013
  2. Klik New kemudian pada kolom pencarian silahkan ketikan “ Certificate “ tekan enter pada keyboard maka akan muncul banyak sekali pilihan desain template sertifikat yang bisa kamu gunakan secara gratis.


  3. Klik Create untuk mulai membuat sertifikat

Mengganti Teks Sertifikat

Untuk mengganti teks kamu tinggal klik pada teks yang ingin kamu ubah, setelah itu langsung saja ketikan teks yang sudah kamu sediakan sebelumnya.

Cara menambahkan logo pada sertifikat

Untuk sebuah sertifikat resmi maka biasanya harus menyertakan logo pada sertifikat tersebut nah disini kita bisa memasukan logo dan mengatur posisi logo sesuai yang kita inginkan
  1. Klik dan drag logo kedalam lembar kerja edit template sertifkat
  2. Klik pada gambar logo lalu pilih Behind text, lihat gambar dibawah ini


  3. Berikutnya silahkan atur posisi logo, logo tidak akan mengganggu teks walaupun digeser ke posisi manapun karena sudah berada dibelakang teks. 

Cara Membuat Sertifikat Di Word 2007

Nah berhubung di word 2007 belum tersedia template sertifikat yang bisa digunakan, maka disini saya siapkan file template sertifkat kosong silahkan di unduh via google drive. Untuk cara mengedit nya sama saja tinggal disesuaikan sesuai kebutuhan.


Template Sertifikat


Cara Membuat Sertifikat Online

Selain membuat sertifikat secara offline di word kita juga bisa memanfaatkan situs pembuatan sertifikat secara online yang perlu kamu siapkan hanya koneksi internet, berikut salah satu situs yang menyediakan jasa pembuatan sertifikat online.
  1. Buka Canva
  2. Jika kamu belum mempunyi akun silahkan daftar terlebih dahulu, gunakan akun facebook untuk proses pendafatran yang lebih cepat.
  3. Jika sudah terdaftar silahkan langsung saja klik Start Designing a Certificate 


  4. Pilih desain sertifikat yang kamu inginkan
  5. Klik dua kali pada teks di sertifikat untuk mengganti tulisan


  6. Jika sudah selesai mengedit kamu bisa langsung mencetak sertfikat maupun mengunduhnya.

Kamu juga bisa mengganti warna teks jenis font, bold dan lain sebagainya, kamu bisa mengaturnya pada tab seperti dibawah ini


Selain Canva sebenarnya masih ada beberapa situs online lainya namun saya rasa canva lebih mudah digunakan sekalipun oleh pemula, cukup pilih sertifikat kemudian ganti teks dan unduh setelah selesai.

Ok mungkin cukup sekian cara membuat sertifikat di word 2010, 2013 maupun 2016 semoga bermanfaat jika ada yang perlu ditanyakan silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sertifikat Di Word Paling Mudah"