Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Simbol Rp Di Excel Secara Otomatis Paling Mudah

Contents [Show]
Cara membuat format mata uang Rp di excel 2010, 2013 maupun 2016 – seperti yang kita ketahui ms excel basic nya digunakan untuk mengelola data termasuk juga keuangan oleh karenanya ada banyak sekali mata uang berdasarkan negara.

Secara default symbol mata uang di excel adalah dolar ( $  ) kendatiun demikian sebenarnya kita bisa memunculkan symbol Rp dengan mudah hanya saja cara mencari Rupiah memang sangat susah mengingat begitu banyak mata uang dalam list sehingga kita harus teliti mencari symbol mata uang Rupiah.

Cara membuat format mata uang rp di excel bagi sebagian pengguna micorosoft excel mungkin bukanlah hal yang sulit namun nyata nya masih banyak pengguna excel yang kurang faham cara membuat format uang rp di excel.

Apa fungsinya merubah format dolar ke rupiah, hal ini tentu sangat penting selain untuk mempermudah car abaca nominal juga hal wajib ketika kita membuat data atau tabel laporan keuangan Rp, oleh karenanya saya rasa cukup penting untuk mengetahui cara mengubah format uang di excel.

Kendala yang sering dialami, ada beberapa orang yang bertannya kenapa angka jadi tanda pagar setelah symbol dolar dirubah ke rupiah, sebenarnya ini bukan masalah berarti kita hanya perlu menggeser kolom saja dan hasilnya akan normal.

Cara Membuat Format Uang Di Excel 

Sebelumnya silahkan tulis nominal angka seperti biasa terlebih dahulu misalnya 1000000 dan seterusnya sampai selesai, kemudian tinggal kita kasih simbol rp pada setiap nominal angkanya, begini caranya
  1. Blok semua angka yang akan diberi simbol Rp
  2. Kemudian klik icon panah kecil disamping simbol $ lalu pilih More Acounting format


  3. Pilih Custom kemudian klik format yang paling bawah yang ada Rp nya, lihat gambar diabwah ini
  4. Atau jika tidak ada silahkan copy dan paste kode ini pada kolom _([$Rp-421]* #,##0.00_);_([$Rp-421]* (#,##0.00);_([$Rp-421]* "-"??_);_(@_)


  5. Secara otomatis akan muncul simbol Rupiah disemua angka yang kita blok.
Cara ini lebih mudah dan cepat di banding mencari format Rp melalui currency maupun accounting.


Cara Mengatasi Angka Jadi Tanda Pagar Setelah Diganti Simbol Rp

Permasalahan yang sering muncul adalah tiba – tiba angka jadi tanda pagar semua setelah kita aktifkan simbol rupiahnya, seperti yang sudah dijelaskan diatas ini bukanlah masalah karena kita hanya perlu melebarkan kolom angkanya, caranya
  1. Klik pada garis cell kemudian sesuaikan lihat gambir dibawah ini
  2. Hasilnya akan Nampak seperti ini


Bagaimana cukup mudah bukan, terbilang angka lebih mudah dibaca ketika ada simbol rp nya, oya masih ada satu lagi kalau kita perhatikan angka diatas masih dipisahkan oleh tanda koma, sedangkan untuk penulisan uang Indonesia dipisahkan dengan titik, nah bagaimana cara merubah tanda koma jadi titik di excel kamu bisa baca postingan sebelumnya pada link dibawah ini.


Baca juga : Cara Merubah Tanda Koma Jadi Titik Di Excel


Ok mungkin cukup sekian cara mengatasi tidak ada simbol rp di excel, semoga bermanfaat cara ini bisa digunakan untuk pengguna ms excel 2007, 2010, 2013 maupun 2016 dan kebetulan excel yang saya gunakan pada tutorial ini excel 2013.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Simbol Rp Di Excel Secara Otomatis Paling Mudah"