Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Penjumlahan Pengurangan Pembagian Dan Perkalian Pada Excel

Contents [Show]

Cara cepat belajar excel adalah dengan cara menghafal rumus-rumus pada excel karna microsoft excel mrupakan software olah data yang yang tidak bisa dilepaskan dari rumus-rumus baik itu penjumlahan pengurangan,pembagian ataupun  perkalian pada microsoft excel Rumus penjumlahan pembagian pengurangan dan perkalian merupakan rumus yang paling sering digunakan.

Oleh karna itu pada kesempatan kali ini saya akan bahas tutorial bagaimana cara menggunakan:
-Rumus penjumlahan di excel
-Rumus pengurangan di excel
-Rumus perkalian di excel
-Rumus pembagian di excel

Dibawah ini adalah fungsi oprator hitung dasar pada microsoft excel


Bagi temen-temen yang kurang faham tentang oprator hitungan dasar pada microsoft excel, silahkan baca cara nya dibawah ini.

Rumus Penjumlahan Pengurangan Pembagian Dan Perkalian Pada Excel


#1. Rumus penjumlahan
untuk rumus penjumlahan pada excel dapat di lakukan dengan dua cara yang pertama kita bisa menggunakan oprator ( + ) dan yang kedua menggunakan SUM

Contoh:
Pada CELL A2 saya masukan angka 300 dan pada CELL  B2 saya masukan angka 200, kemudian untuk menjumlahkanya kita tuliskan rumus ( =A2+B2 ) kemudian tekan Enter maka hasilnya 500, lihat gambar dibawah ini


atau menggunakan fungsi SUM, caranya ketikan  =SUM( A2+B2   lalu tekan Enter maka hasilnya akan sama-sama 500.

Kedua cara di atas dapat kita gunakan untuk melakukan penjumlahan pada excel tergantung kita nyamanya pake cara yang mana.

Tetapi jika kita menggunakan cara yang pertama kelemahanya jika jumlah data yang akan kita jumlahkan sangat banyak misalnya dari A2+B2+C3 sampai B100, maka rumus yang harus kita tulis seperti ini =A2+B3+C3 sampai B100, maka cara seperti ini tentunya akan sangat menyulitkan dan mwnyita waktu.

Berbeda jika memakai cara yang kedua kita hanya perlu menuliskan rumus seperti ini =SUM(A2:B100 ) kemudian tekan Enter pada keyboard.


#2. Rumus pengurangan 

Untuk melakukan pengurangan pada microsoft excel tidak ada formula khusus yang dapat digunakan kita hanya perlu menggunakan oprator pengurangan ( Subtraction ) / minus ( - ) 

Contoh:
Pada CELL A2 saya masukan angka 500 dan pada CELL  B2 saya masukan angka 200, kemudian untuk melakukan penguranganya kita tuliskan rumus ( =A2-B2 ) kemudian tekan Enter maka hasilnya 300, lihat gambar dibawah ini.


#3. Rumus perkalian

Untuk melakukan perkalian pada excel kita bisa menggunakan dua cara yang pertama bisa menggunakan menggunakan asterisk ( multiplication ) bisa juga menggunakan formula PRODUCT. 

Tergantung kita nyamanya memakai cara yang mana
Contoh:
Pada CELL A2 saya masukan angka 250 dan pada CELL  B2 saya masukan angka 2, kemudian untuk melakukan perkalianya kita tuliskan rumus ( =A2*B2 ) kemudian tekan Enter maka hasilnya 500, lihat gambar dibawah ini.


Cara yang kedua menggunakan formula PRODUCT, cara menuliskan rumusnya  =PRODUCT(A2:B2)  kemudian tekan Enter maka pasti hasil nya sama-sama 500.

#4. Rumus pembagian

Untuk melakukan pembagian angka pada excel adalah dengan cara menggunakan slash ( / ) 

Contoh:
Pada CELL A2 saya masukan angka 1000 dan pada CELL  B2 saya masukan angka 2, rumus pembagianya seperti ini,  kita tuliskan rumusnya  ( =A2/B2 ) kemudian tekan Enter maka hasilnya 500, lihat gambar dibawah ini.



2 komentar untuk "Rumus Penjumlahan Pengurangan Pembagian Dan Perkalian Pada Excel"

Kami sangat menghargai komentar Anda. komentar ini menggunakan Moderasi, komentar Anda akan segera kami balas.
By ( Umaedi )