Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Persentase ( % ) Di Excel

Contents [Show]

Ketika kita melakukan suatu perhitungan terkadang ada yang harus menggunakan persentasi ( % ), untuk melakukan perhitungan persentase pada excel kita bisa menggunakan rumus menghitung persen ( % ) di excel.

Dalam rumus matematika persentase atau perstatus adalah sebuah angka atau perbandingan ( rasio ) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering di tunjukan dengan simbol  " % ". persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan, bilangan itu kemudain di saklarkan agar dapat di bandingkan dengan angka seratus. ( wikipedia.org )

Bagi teman-teman yang kurang faham bagaimana cara menghitung rumus persentase pada excel silahkan baca caranya dibawah ini.

Cara Menghitung Persentase ( % ) Di Excel

Rumus dasar Persentase pada excel seperti ini


Cara menghitung persentase pada excel contohnya sebagai berikut


Contoh soal:

Tedy Kurniawan membeli apel seharga Rp25.000 per kilo gram. Kemudian jeruk tersebut dijual kembali dengan harga Rp35000 per kilo gram. 

Pertanyanya berapa persen keuntungungan yang di dapat oleh Pak Tedy Kurniawan ?

Untuk menacri persentase pada excel kita gunakan rumus persentase pada excel  rumusnya sebagai berikut   =(C2/A2)   kemudian tekan Enter pada keyboard.


Keterangan dari ke empat tabel di atas, A2 Harga Beli ( Rp25,000.00), B2 Harga Jual ( Rp35,000.00 )  C2 Keuntungan ( Rp10,000.00 ) dan pada sell D2 kita tuliskan rumus  =(C2/A2). Tekan Enter maka hasilnya 0,4. agar 0.4 ini menjadi 40 % kita clik simbol " % " maka hasilnya akan berubah menjadi 40%.

Lihat pada gambar dibawah ini.



3 komentar untuk "Cara Menghitung Persentase ( % ) Di Excel"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. terimakasih gan..sangat membantu sekali artikelnya

    BalasHapus
  3. Ok sama2 gan, semoga bermnafaat

    BalasHapus

Kami sangat menghargai komentar Anda. komentar ini menggunakan Moderasi, komentar Anda akan segera kami balas.
By ( Umaedi )