Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Flashdisk Serta Kelebihan Dan Kekurangan Flashdisk

Contents [Show]

Kita semua pasti sudah pernah melihat atau bahkan memiliki flahsdisk namun tidak sedikit dari kita tidak mengetahui pengertian flashdisk secara spesifik serta kelebihan dan kekurangan menyimpan data di flashdisk. harga flashdisk pun bervareasi harga flashdisk murah atau pun harga flashdisk yang mahal biasanya di sesuaikan dengan kualitas dan kapasistas penyimpanan, kapasitas penyimpanan flashdisk semakin besar kapasitas penyimpanan maka semakin mahal juga harga flahsdisk, untuk kapasitas  ada yang 2 gb, 4 gb, 6, gb, 8 gb, bahkan sampai 64 gb atau mungkin ada yang lebih. sedangkan untuk merek flashdisk, kita lebih akrab dengan flashdisk, Toshiba, flashdisk Sandisk, dan flashdisk Vgen dll.


Flashdisk adalah media penyimpanan berbagai jenis data exsternal yang di hubungkan melalui port USB pada laptop atau komputer, sebagai media penyimpanan flashdisk mampu menyimpan berbagai jenis data seprti gambar, video, musik dokumen, software dan lain sebagai nya, banyak nya data yang dapat tersimpan di falashdisk tergantung kepada kapasitas penyimpanan yang di miliki flashdisk terebut.

Flashdsk yang awalnya hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang beberapa ratus Megabyte ( MB )  saja tidak sampai 1 Gigabyte ( GB ) kurang begitu populer di gunakan di kalangan pengguna komputer namun seiring berkembang nya teknologi flashdisk meng upgarade dari yang yang hanya 700 Megabyte menjadi Gigabyte, dari ukuran 2 gb sampai 60 atau mungkin lebih.

Flahsdisk merupakan komponen hardware atau perangkat keras komputer yang bersifat non volatile atau permanen sehingga data atau file tidak akan hilang walaupun tidak di hubungkan paa perangkat, ini terjadi karena flashdisk terdapat controller yang mampu menyimpan data saat aliran listrik di matikan.

kapasitas penyimpanan yang lumayan besar ini menjadi alasan pengguna komputer untuk menyimpan berbagai data nya di dalam flashdisk,selain itu dengan menyimpan data ataupun file di dalam flashdisk kita jadi bisa lebih mudah membawa nya kemanapun dan bisa di buka di perangkat komputer atau pc yang berbeda. dulu sebelum kita mengenal flashdisk mungkin kita lebih akrab dengan memori penyimpanan disket atau CD - ROM, waluapun kedua nya ini masih kita gunakan tapi eksistensi nya kalah dengan adanya flashdisk.


#2. Fungsi Falshdisk Sebagai Media Peyimpanan



Fungsi utama dari flashdisk sendiri adalah untuk menyimpanan berabgai jenis data atau file, namun ada fungsi lain dari hardware satu ini selain untuk menyimpan berbegai jenis data flashdisk atau bisa juga di sebut USB Flash Drive di gunakan untuk memindahakan data dari komputer satu ke komputer lainya, kita juga bisa menggunakan flashdisk untuk menjalan software dalam berbagai format portabel, dan yang paling penting adalah flashdisk dapat di gunakan untuk instal windows yang biasanya di pakai pada notebok  yang tidak memliki ruang dvd, sehingga kita tidak perlu menggunakan CD mapun DVD lagi sebagai media instalasi. keperluan yang bertujuan untuk memindahkan data atau backpun semakin di permudah dengan adanya flashdisk hal ini juga memudah kan para pelajar terutama mahasiswa yang biasanya di gunakan untuk menyimpan berbagai tugas kuliah.


#3. Kelebihan Dan Kekurangan Flashdisk

Dengan berbagai kelebihan flashdisk dan semakin banyak nya pengguna komputer yang menggunkan hardware ini untuk menyimpan file, maka sebelum membeli flashdisk kita pun harus tahu apasih kelebihan dan kekurangan flashdisk ?

Kelebihan Flashdisk

  • Ukuran body flashdisk yang kecil, simple dan lebih efesien ketika di bawa kemanapun.
  • Walupun body flashdisk kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan penggunaan yang sangat simpel
  • Flashdisk dapat di gunakan sebagai media instalasi software dan windows dengan menjadikan bootabel terlebih dahulu
  • Harga Flashdik yang murah sehingga cukup terjangkau oleh berbagai kalangan 
Kekuranagan Flashdisk

  • Mudah hilang, karna memiliki body yang sangat kecil maka kita harus hati - hati ketika membawa flsahdisk terlebih lagi jika data di dalam flashdisk adalah data penting
  • Hindari menyimpan flashdisk di dalam saku, karena besar kemungkinan kita lupa mengambil nya dan bisa saja ke cuci flashdisk yang terkena air bisa saja mengalami eror
  • Karena penggunaan nya yang masih terbatas orang - orang lebih banyak menggunakan memori card sebagai media penyimpanan.
Catatan : 
  1. Cara merawat flashdisk agar awet hindari pencabutan flashdisk secara paksa karna ini dapat merusak komponen flashdisk, 
  2. jangan cabut flashdisk ketika poroses pemindahan data dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya belum selesai karna ini bisa saja merusak sebagian file kita yang sedang di dalam proses pemindahan, 
  3. sebelum mencabut flashdisk akan sangat lebih baik jika kita Ejcet flashdisk terlebih dahulu.

Posting Komentar untuk "Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Flashdisk Serta Kelebihan Dan Kekurangan Flashdisk"