Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Formulir Pendaftran Online Menggunakan Google From Terbaru

Contents [Show]

Google from adalah layanan yang di berikan oleh google yang dapat di gunakan untuk membuat formulir pendaftaran online atau juga membuat soal online dalam bentuk kuis dan umum, layanan ini dapat kita gunakan secara gratis dan sangat mudah sekali karena sudah di sediakan sub sub untuk membuat formulir pendaftran online. 

Bagi anda yang berprofesi sebagai guru mungkin cara membuat formulir pendaftran sekolah online akan sangat di perlukan ketika memasuki ajaran tahun baru. 

Cara membuat website pendaftran online bagi yang sudah faham bahasa program mungkin bisa melakukanya denngan menggunakan php atau notepad c++ from pendaftran yang di hasilkan memang terlihat lebih keren namun tidak semua orang bisa membuat nya karena alasan bahasa program yang susah di fahami bagi kita yang tidak ada basic di bidang tersebut. Atau kita juga bisa membuat pendaftran online google from excel, 

Namun ada cara lain yang saya rasa cukup mudah sekali dalam pembuatan formulir pendaftaran online yaitu dengan memanfaatkan google from yang sudah di sediakan oleh google, kita  pasti pernah melihat contoh from pendaftran online di media sosial sebagian dari from tersebut ada yang di buat dengan google from. 

Google Drive, tentu bukan hal yang asing lagi buat kita nah di google drive inilah nantinya kita akan membuat formulir pendaftran online, karena seperti yang kita ketahui google drive adalah tempat penyimpanan dan pengeditan dokumen yang mempunyai space cukup besar yaitu 15 GB, google drive mempunyai banyak fitur dan salah satu nya yang akan kita bahas yaitu fitur pembuatan formulir pendaftran online. 

Karena Google from adalah fitur yang ada pada google drive maka pastikan terlebih dahulu anda mempunyai akun google atau email, untuk cara pembuatan daftar online, silahkan simak di bawah ini.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Dengan Google From

#1. Silahkan masuk ke akun gmail yang anda punya, dengan memsaukan email dan pasword.

#2. Kemudain buka google drive, lihat gambar di bawah ini.


#3. Kemudian langkah berikutnya klik > tanda panah baru > Lainya > Google formulir, lihat gambar di bawah ini.


#4. Maka secara otomatis kita akan di bawah kehalaman default pembuatan dokumen formulir pendaftran, nah di sinilah kita akan mengatur dan mengisi data apa saja yang akan kita cantumkan di formulir pendaftran.

#5. Silahkan ganti tulisan >  Untitled form, dengan judul formulir, misalnya " FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE OLAHRAGA BULU TANGKIS " 

#2. Kemudian ganti tulisan > Untitled Question, dengan pertanyaan pertama misalnya " Nama Lengkap " lihat gambar di bawah ini.


#3. Kemudian untuk menambahkan pertanyaan berikutnya silahkan klik tanda > Tambah di samping sebelah kanan, kemudian kita tuliskan misalnya > Gender, pilihan nya Laki - laki, Perempuan, kemudian aktifkan " Wajib diisi, jika bagian ini wajib diisi, lihat gambar di bawah ini.


#4. Untuk mengganti format pertanyaan nya bisa kita sesuaikan, misalnya untuk nama, pake jawaban singkat, untuk gender pake pilihan ganda, untuk nomor hp pake angka, dan lainya, lihat gambar di bawah ini untuk menyesuaikan.


#5. Untuk format jawabanya anda sesuaikan sesuai peratanyaan, jangan lupa akrifkan tulisan > Wajib diisi jika bagian tersebut wajib diisi.

#6. Silahkan isikan data yang sudah anda siapkan, jika sudah selesai klik > Paratinjau untuk melihat hasil sementara, atau klik > KIRIM jika sudah selesai.


#7. Jika sudah selsai klik > KIRIM, maka akan muncul tab baru, silahkan masukan email yang akan digunakan untuk mengumpulkan data, centang pada bagian > Kumpulkan email, jika anda ingin mengumpulkan email. tambahkan pesan singkat, kemudian klik > KIRIM, lihat gambar di bawah ini.


#8. Terakhir adalah mengambil link dari website pendaftran online yang kita buat tadi, caranya kemabali kehalaman awal google drive, maka kita akan menemukan file formulir pendaftan yang sudah kita buat klik pada file tersebut kemudian klik > dapatkan link yang bisa di bagikan, silahkan copy link tersebut, lihat gambar di bawah ini.


Untuk mencobanya, silahkan anda kirim link yang sudah di copy tadi ke teman anda kemudian suruh isi formulir tersebut dan kirim, apakah data yang di masukan masuk ke google drive kita atau tidak.

Untuk melihat tanggapan yang masuk dari formulir pendaftan online, caranya, klik dua kali pada file formulir pendaftrn kemudian klik > TANGGAPAN , lihat gambar di bawah ini,


Tambahan, agar formulir terlihat lebih menarik silahkan ganti warna dengan warna yang sesuai, kemudian pada bagian header kita juga bisa memsaukan gambar atau foto, silahkan di coba - coba.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Formulir Pendaftran Online Menggunakan Google From Terbaru"