Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal pendaftaran Beasiwa Bidikmisi Tahun Ajaran 2020/2021

Contents [Show]

Daftar isi


  • 2. Cara Daftar KIP Kuliah Tahun Ajaran 2020/2021
  • 3. Syarat Pendaftaran KIP Kuliah
  • 4. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020

  • Jadwal pendaftaran Beasiwa Bidikmisi Tahun Ajaran 2020/2021 – Beasiswa bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa lulusan sekolah menengah atas ( SMA ) sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik tetapi kurang mampu secara ekonomi.

    Walapun demikian penerimaan beasisawa bidikmisi tetap melakukan seleksi ketat dengan memprioritaskan kemampuan akademik yang baik sehingga semua penerima bidikmisi diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dengan maksimal.

    INFO PENTING!

    " Beasiswa Bidikmisi sekarang sudah digantikan dengan KIP Kuliah adapun penjelasanya apa itu KIP Kuliah akan kita ulas secara rinci dibawah ini "

    KIP Kuliah Adalah

    Secara umum Kartu Indonesia Pintar Kuliah sama saja dengan pengertian bidikmisi.
    Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas.

    Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

    Kementrian pendidikan dan budaya ( KEMENDIKBUD ) menargetkan 818 ribu calon mahasiswa baru akan mendapatkan KIP Kuliah pada tahun 2020.

    Cara Daftar KIP Kuliah Tahun Ajaran 2020/2021

    Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah untuk calon mahasiswa baru sebagai berikut.
    1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
    2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
    3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
    4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
    5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
    6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
    7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

    Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

    Adapun sayarat - syarat pendaftaran KIP Kuliah sebagai berikut
    1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
    2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
    3.  Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
    4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
    5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

    Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020

    Pendaftaran KIP Kuliah untuk lulusan SMA/SMK sederajat mulai dapat dilakukan pada awal maret secara online melalui situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

    Note : Jadwal pendaftaran sewaktu waktu dapat berubah, karena laman resmi kemendikbud sendiri belum mengumumkan secara detail kapan pendaftaran KIP Kuliah sudah mulai bisa dilakukan.

    Bagi adik - adik calon mahasiswa baru yang membutuhkan KIP Kuliah harap bersabar kunjungi halaman ini kembali ini untuk informasi terbaru berikutnya.

    Ok mungkin cukup sekian informasi tentang KIP Kuliah semoga bisa bermanfaat, jangan patah semangat selalu ada jalan bagi orang - orang yang mempunyai tekat kuat.

    Posting Komentar untuk "Jadwal pendaftaran Beasiwa Bidikmisi Tahun Ajaran 2020/2021"