Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Link Dalam Satu File Word

Contents [Show]
Cara Membuat Link Dalam Satu File Word - hyperlink di file word biasanya sengaja kita sisipkan hal ini dilakukan ketika kita membuat sebuah dokumen dan mengambil refrensi dari sumber lain, atau kita ingin mengarahkan pembaca kehamalan lain.

Dengan adanya hyperlink pada file word akan memberikan kepercayaan kepada pembaca kita bahwa dokumen yang kita buat berdasarkan sumber yang jelas, atau pembaca akan mendapatkan kepuasan karena mendapatkan banyak informasi yang dia inginkan.

Apa Itu Hyperlink

Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di dalam slide, file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi lainnya dari dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halaman web dan lain-lain.

Atau definisi hyperlink yang lainnya adalah suatu teks yang akan mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita kenal dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website berarti kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan  menuju ke halaman yang lain ataupun ke dokumen lain.

Fungsi dari hyperlink

Fungsi Hyperlink yaitu, lebih sering disingkat atau disebut Link merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memiliki tujuan untuk memudahkan visitor atau pengunjung pada suatu web untuk menelusuri berbagai informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya, dan link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML.

Link pada umumnya ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, apabila kursor mouse komputer kita diarahkan ke link tersebut maka huruf akan kelihatan bergaris bawah dan juga kursor biasanya akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Jika link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi atau diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu atau warna lainnya. Link dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.

Cara menggunakan hyperlink sama saja ketika kita membuka sebuah laman web kemudian kita meng klik salah satu link dan dibawa kehalaman web lainya, begitupun di ms word hyperlink akan aktif ketika kita menambhakan link menggunakan fungsi hyperlink.

hyperlink adalah sebuah kata dari bahasa inggris yang berarti Pranala, bahasa sederhananya hyperlink adalah sebuah  gambar atau tulisan yang apabila diklik kita akan di arahkan kesuatu halaman tertentu, hyperlink lebih sering disebut sebagai Link.

Atau jika kamu penulis e-book, maka hyperlink ini sangat diperlukan tujuannya untuk memudahkan para pembaca e-book sahabat ketika ingin bertanya atau sekedar berkomentar, dengan kita memberikan hyperlink, maka pembaca bisa langsung menunjungi facbook twiter atau lainya, tergantung link, yang sahabat masukan kedalam hyperlink tadi, atau bisa juga link dari web atau blog sahabat. baca cara membuat hyperlink dibawah ini..!

Cara Mudah Membuat Hyperlink Di MS Word

  1. Buka MS Word pada komputer
  2. Buka dokumen atau e-book yang akan diberi hyperlink.
  3. Block tulisan yang akan diberi hyperlink, klik kanan > pilih hyperlink


Akan muncul jendela Insert Hyperlink, kita masukan Link yang akan digunakan untuk mengarahkan pembaca kehalaman Link atau alamat tersebut.lihat gambar  dibawah ini.


4. Dikotak pertama Text to display, adalah teks yang kita block tadi, kita juga bisa menggantinya dengan kata yang kita inginkan.
5. Dikotak kedua Address: masukan link, link bisa berupa link blog atau web lainya.
6. Lalu jika ingin merubah alamat link, caranya klik kanan pada link yang akan dirubah kemudian klik edit hyperlink.

Itulan cara membuat link dalam satu file word, semoga bermanfaat silahlan share tutorial ini kemedia sosial agar banyak orang yang lebih tahu.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Link Dalam Satu File Word"