Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi/Rumus Left, Right dan Mid pada excel

Contents [Show]

Microsoft excel merupakan software olah data yang hampir sebagian perintah yang dijalankan pada microsoft excel menggunakan rumus excel, jadi kalau kita mau dengan mudah belajar ms excel maka setidak nya kita sudah faham dan tau rumus-rumus dasar pada excel, rumus excel yang paling sering digunakan di antaranya, fungsi SUM, fungsi AVERAGE, fungsi fungs IF dan yang akan kita bahas kali ini yaitu fungsi Left, Right dan MID di excel.

Bagi teman-teman yang kurang faham cara menggunakan fungsi atau rumus teks karakter ini silahkan baca urainya dibawah ini

Fungsi/Rumus Left, Right dan Mid pada excel


#1. Fungsi LEFT
Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk penulisanya seperti ini   =LEFT(text,num_chars)

contoh:
Jika temen-temen memakai excel 2010 maka contoh penulisannya seperti ini      =LEFT(A1;2)
Tapi jika temen-temen menggunakan excel 2007 contoh penulisanya seperti ini   =LEFT(A1,2)

bedanya jika di ms excel 2010 pemisahnya menggunakan tanda titik koma ( ; ) kalau di ms excel 2007 cukup menggunakan koma ( , )

karna saya menggunakan ms excel 2010 maka cara penulisan rumusnya seperti pada gambar dibawah ini

=LEFT(A1;2) tekan enter pada keyboard maka hasilnya TV


#2. Fungsi RIGHT
Fungsi Right digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks. contoh penulisan nya seperti ini  =RIGHT(text,num_chars)

Contoh
Kita akan mengambil 3 karakter disebelah kanan maka penulisan rumusnya seperti ini  =RIGHT(A1;3) tekan enter pada keyboard maka hasilnya ONE


#3. Fungsi MID
Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks. bentuk penulisanya seperti ini  =MID(text,num_chars)

Contoh
Kita akan mengambil tiga angka pada bagian tengah carakter cara penulisan rumusnya seperti ini
=MID(A1;2;3)  tekan enter maka hasilnya ON

Posting Komentar untuk "Fungsi/Rumus Left, Right dan Mid pada excel"