Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Akar Bilangan Dengan Rumus SQRT Di Execl

Contents [Show]

Agar kita bisa lebih cepat dalam belajar ms excel maka kita harus belajar rumus excel karna hampir semua pekerjaan pada excel harus menggunakan rumus excel salah satunya rumus dasar excel yaitu SQRT. 

fungsi SQRT pada excel merupakan rumus matematika yang digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kuadrat atau mencari nilai akar dari suatu bilangan. dalam rumus matematika kuadrat suatu bilangan merupakan suatu  dengan bilangan itu sendiri atau kuadrat juga sering di sebut pangkat 2.

Rumus sqrt pada excel format penulisan nya seperti ini

=SQRT( number)

Keterangan dari rumus sqrt di atas adalah:

sebuah perintah rumus sebagai penulisan sintak jadi ketika kita akan menulis rumus excel maka haris di awalai dengan sama dengan ( = )

SQRT,  sebuah sintak yang berfungsi untuk mencari akar kuadrat atau pangkat

number,  nomor pada sebuah sell yang akan kita cari nilai kuadrat nya. 

Bagi temen-temen yang kurang faham fungsi sqrt pada excel silahkan baca caranya dibawah ini

Mencari Akar Bilangan Dengan Rumus SQRT Di Execl 

#1. Buka MS Excel pada komputer, buat halaman baru untuk bahan pembelajaran

#2. Saya buat tabel seperti pada gambar dibawah ini


#3. Kita akan mencari akar kuadrat dari ketiga data pada tabel tersebut, kita mulai dari yang pertama sell 1 ( 36 ), maka cara menulis fungsi SQRT nya seperti ini   =SQRT(A1)  kemudian tekan enter pada keyboard maka akar dari 36 adalah


#4. Untuk melihat hasil dibawah nya kita tidak perlu lagi menuliskan rumus sqrt, kita tinggal mengklik dan menarik fill handle atau tanda panah pada pojok kanan bawah sell aktif ( sell B1). 

#5. Jika bilangan yang di hitung bilangan negatif maka fungsi sqrt pada excel akan mengembalikan kesalahan dengan menampilkan #NUM!
untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan fungsi ABS, fungsi ABS digunakan untuk menentukan nilai absolut dari nilai tersebut. 

Posting Komentar untuk "Mencari Akar Bilangan Dengan Rumus SQRT Di Execl "