Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Tanda Koma Jadi Titik Di Excel 2007-2010-2013-2016

Contents [Show]
Cara Merubah Tanda Koma Jadi Titik Di Excel 2010, 2013 maupun 2016 – Fungsi dasar Micorosoft Excel adalah untuk mengelola data berupa angka oleh karena nya maka dirasa sangat penting memperhatikan tanda baca pada angka salah satunya penempatan tanda titik dan koma pada angka.

Bilangan mata uang dapat ditulis dengan angka ataupun huruf. Penulisan bilangan dengan angka menggunakan tanda titik sebagai pemisah ribuan (thousands separator) dan tanda koma sebagai penanda desimal (decimal mark), misalnya Rp50.000,00. Angka yang menunjukkan bilangan utuh besar dapat dieja sebagian supaya lebih mudah dibaca, misalnya Rp50 ribu.

Secara default angka pada micorosoft excel dipisahkan oleh tanda koma ( , ) baru tanda titik sedangkan cara penulisan angka yang berlaku di Indonesia adalah dipisahkan titik terlebih dahulu baru koma contohnya seperti ini, 1.500.000,00  ( Satu juta lima ratus ribu ).

Cara merubah titik koma jadi koma di excel bisa dilakukan secara otomatis lewat pengaturan micorosot excel sehingga nantinya ketika kita memasukan angka lebih dari tiga maka secara otomatis angka akan dipisahkan oleh tanda titik.

Sebelumnya saya juga pernah membahas cara membuat format uang di excel yang mana kasus nya hampir sama dengan tanda titik koma di excel dimana simbol Rp ( Rupiah ) harus di setting secara manual.

Baca juga : Cara Mebuat Simbol Rp ( Rupiah ) Di Microsoft Excel

Pengaturan Tanda Koma Jadi Titik Secara Otomatis Di Excel
  1. Buka Micorosoft Excel
  2. Klik File lalu pilih Options


  3. Muncul tab Excel options silahkan pilih Advanced
  4. Scrool kebawah hilangkan tanda centang pada Use system separators
  5. Ubah Decimal separator jadi tanda koma ( , ) dan Thousands separator jadi tanda titik ( , )


  6. Terakhir kilk Ok
Maka secara otomatis semua angka yang dipisahkan oleh koma akan berubah jadi titik.
Cara ini berlaku untuk semua versi excel baik excel 2007, 2010, 2013 maupun 2016 dan kebetulan disini saya menggunakan excel 2013, caranya mungkin sedikit berbeda namun untuk tab excel options nya tetap sama.

Ok mungkin cukup sekian cara merubah tanda koma jadi tanda titik di excel 2013 semoga bermanfaat jika mengalami kesulitan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Tanda Koma Jadi Titik Di Excel 2007-2010-2013-2016"